Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dini Aryani Criddle, pemilik Tanamera Coffee (tengah) dan Dino Kusnadi, direktur Eropa 1 Kementerian Luar Negeri (kiri) berfoto di depan kopi Indonesia yang siap diekspor ke Rusia

Dini Aryani Criddle, pemilik Tanamera Coffee (tengah) dan Dino Kusnadi, direktur Eropa 1 Kementerian Luar Negeri (kiri) berfoto di depan kopi Indonesia yang siap diekspor ke Rusia

6 Jenis Kopi Indonesia Disukai Rusia

Rabu, 4 Desember 2019 | 00:00 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Kenikmatan kopi Indonesia kian disukai masyarakat dunia. Salah satunya adalah Rusia. Dari sekian banyak jenis kopi di negeri ini, setidaknya ada enam jenis kopi yang disukai masarakat Moskow di Rusia. Keenam jenis kopi Indonesia itu adalah kopi Gayo, kopi Kerinci, Toraja, Jawa Tengah, Malabar Jawa Barat,dan Bali.

“Dari Festival Kopi Indonesia di Moskow, Rusia yang diselengggarakan KBRI, minat masyarakat Rusia pada kopi Indonesia, khususnya enam jenis biji kopi tersebut sangat tinggi,”kata Dini Aryani Criddle, pemilik Tanamera Coffee di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Merespon minat asyarakat Rusia pada kopi Indonesia tersebut Tanamera Coffee akhinya menjajaki pasar kopi Rusia. “Kami akhirnya mengeskpor perdana biji kopi sebanyak 19,2 ton atau setara dengan Rp2 miliar ke Rusia,” ungkap Dini.

Total ada 8 jenis biji kopi yang diekspor, yaitu Gayo Wet Hulled Grade 1, Gayo Natural Grade 1, Kerinci Natural Grade 1,Toraja Semi Washed Grade 1,Central Java Honey Grade 1, North Malabar Washed Grade 1,Bali Semi Washed Grade 1, Bali Fully Washed Grade 1.

“Rencananya pengiriman ini akan diikuti dengan ekspor kopi selanjutnya ke negara tersebut tahun depan sebanyak 8 kontainer atau 137,6 ton,” tambah Dini.

Dino Kusnadi, direktur Eropa 1 Kementerian Luar Negeri mengatakan, potensi kopi Indonesia untuk pasar Rusia sangat besar. Pada tahun 2018 Indonesia menjadi pengekspor kopi terbesar ke-11 di dunia, yakni 3,628 ton dengan transaksi senilai USD 9.1 juta. Sementara itu, total impor kopi Rusia  mencapai 196 ribu ton atau senilai USD 592.9 juta. Posisi pertama importir kopi terbesar Rusia adalah Vietnam (96 ribu ton), Brazil (34 ribu ton), Italia (14 ribu ton), India (6 ribu ton) dan Jerman (6 ribu ton).

“Kami menyambut baik ekspor kopi ke Rusia ini. Saat ini Indonesia berada di peringkat ke-11 pengekspor kopi dengan nilai ekspor sebesar US$10 juta pada 2018. Kita harapkan ke depan Indonesia bisa menembus 5 besar,” kata Dino.

Editor : Mardiana Makmun (nana_makmun@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN