Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Perencana Keuangan Lolita Setyawati dalam konferensi pers virtual Ovo #RaihIkhlas di Ramadan, Selasa, 13 April 2021.

Perencana Keuangan Lolita Setyawati dalam konferensi pers virtual Ovo #RaihIkhlas di Ramadan, Selasa, 13 April 2021.

Agar Tak Boros, Ini Tips Atur Keuangan saat Ramadan

Selasa, 13 April 2021 | 20:37 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id  - Perencana Keuangan Lolita Setyawati mengungkapkan, di saat Ramadan, mayoritas masyarakat sulit mengatur pengelolaan keuangan. Kesalahan yang sering kali dilakukan antara lain tidak membuat perencanaan atau anggaran dan tidak mencatat pengeluaran; mudah tergoda “keinginan”; menggunakan sumber dana yang tidak sesuai peruntukkan seperti dana darurat; berhutang demi gaya hidup Ramadan; dan tidak membuat skala prioritas.

Di sisi lain, saat Ramadan kita juga mempunyai beberapa kebutuhan tambahan ataupun pengeluaran khas Ramadan, seperti zakat, memberikan THR (tunjangan hari raya) pada yang bekerja dengan kita, dan memberikan bingkisan baik keluarga maupun kerabat.

“Banyak faktor yang membuat pengelolaan keuangan melenceng dan harus disiplin membagi antara pos penting, cukup penting dan tidak penting,” ungkap Lolita Setyawati dalam konferensi pers virtual Ovo #RaihIkhlas di Ramadan”, Selasa (13/4/2021).

Untuk itu, Lolita memberikan beberapa tips mengatur keuangan selama Ramadan. Pertama, buatlah daftar prioritas sesuai kebutuhan terkait apa saja pengeluaran yang tergolong penting dan kurang penting. Kedua, siapkan dana ekstra untuk kebutuhan tambahan. Langkah ini seharusnya sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum datangnya bulan Ramadan.

“Di anggaran setiap bulan, seharusnya ada alokasi anggaran untuk bulan Ramadan dan Lebaran. Sehingga bila nantinya kita tidak menerima tunjangan hari raya (THR), kita tidak kaget,” ujar Lolita.

Tips keempat adalah belanja di awal atau dicicil sebelum bulan Ramadan. Pasalnya menjelang bulan Ramadan, harga berbagai komoditas umumnya cenderung naik, begitu juga menjelang Lebaran. Kelima, membuat menu sahur dan buka puasa untuk menghindari pembelanjaan makanan yang impulsif.

“Membuat menu sahur dan berbuka ini tujuannya untuk mengendalikan pengeluaran, supaya kita tidak belanja yang impulsif,” kata Lolita.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN