Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Konferensi Pers Virtual - Pekan Imunisasi Dunia Pentingnya Vaksinasi di Era Covid-19 #LindungikuLindungimu, Jumat (23/4).

Konferensi Pers Virtual - Pekan Imunisasi Dunia Pentingnya Vaksinasi di Era Covid-19 #LindungikuLindungimu, Jumat (23/4).

Jangan Abaikan Vaksinasi Rutin di Masa Pandemi

Sabtu, 24 April 2021 | 04:54 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Laporan data menyebutkan bahwa akibat Covid -19 terjadi penurunan cakupan vaksinasi dan penurunan jumlah vaksin yang diberikan, yang menyebabkan anak-anak kehilangan kesempatan untuk divaksinasi.

Apabila banyak bayi dan balita yang tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap, kelak dapat terjadi wabah berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3-I) yang akan mengakibatkan sakit berat, cacat, atau meninggal.

Ketua Umum Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peralmuni) Prof Dr dr Iris Rengganis SpPD KAI mengatakan kondisi pandemi turut berpengaruh terhadap jadwal dan tata cara pelayanan imunisasi baik di Posyandu, Puskesmas, rumah sakit maupun di fasilitas kesehatan lainnya. Padahal, sejak tahun 2000, vaksinasi untuk mencegah penyakit menular telah menyelamatkan 37 juta jiwa di negara berpendapatan rendah dan menengah.

“Selain itu, pengendalian penyakit menular melalui vaksinasi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan angka harapan hidup menjadi 15 - 25 tahun,”ungkapya di sela Konferensi Pers Virtual - Pekan Imunisasi Dunia 'Pentingnya Vaksinasi di Era Covid-19' #LindungikuLindungimu, Jumat (23/4).

Konferensi Pers Virtual - Pekan Imunisasi Dunia Pentingnya Vaksinasi di Era Covid-19 #LindungikuLindungimu, Jumat (23/4).
Konferensi Pers Virtual - Pekan Imunisasi Dunia Pentingnya Vaksinasi di Era Covid-19 #LindungikuLindungimu, Jumat (23/4).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi M Epid menambahkan walaupun saat ini seluruh dunia termasuk Indonesia tengah mengalami pandemi Covid-19, penting bagi masyarakat untuk tetap melakukan imunisasi sesuai dengan jadwal dan rekomendasi dokter demi melindungi diri dari penyakit infeksi yang berbahaya, bahkan penyakit yang mematikan.

Selain itu, keberhasilan dalam meningkatkan cakupan imunisasi dewasa akan berdampak pada penurunan angka kematian dan kesakitan serta biaya pengobatan. Untuk itu, mengajak semua orang untuk divaksinasi, dan tidak menunda jadwal vaksinasi di saat pandemi agar tetap sehat dan tetap produktif.

“Dalam hal ini, dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk meningkatkan cakupan vaksinasi nasional dan kualitas kesehatan masyarakat dapat meningkat. Kami juga mengapresiasi semua pihak yang sudah berpartisipasi aktif dalam mendukung program vaksinasi nasional,” jelasnya.

Prof DR dr Samsuridjal Djauzi SpPD K-AI FACP, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Alergi Immunologi RS Cipto Mangunkusumo menambahkan orang dewasa berisiko terkena penyakit karena adanya risiko penurunan daya tahan tubuh yang disebabkan oleh faktor usia, pekerjaan, gaya hidup, perjalanan, atau kondisi kesehatan.

Dengan vaksinasi, seseorang dapat menurunkan peluang terkena penyakit tertentu. Contohnya, vaksin hepatitis B yang dapat menurunkan risiko kanker hati atau vaksin flu yang dapat menurunkan risiko serangan jantung atau komplikasi berat pada penderita diabetes dan penyakit paru-paru kronis.

Selain itu, vaksinasi juga dapat menurunkan kemungkinan penyebaran penyakit, terutama pada orang atau komunitas yang mungkin tidak bisa mendapatkan vaksin tertentu karena usia atau kondisi kesehatan mereka.

Di tengah situasi pandemi, lanjut Prof Samsuridjal, pemberian vaksinasi bertambah penting untuk melindungi populasi yang lebih baik dalam Covid-19. Di antaranya vaksinasi flu yang merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi penyebaran virus influenza.

Selama pandemi Covid-19, WHO merekomendasikan vaksinasi influenza untuk populasi rentan seperti tenaga kesehatan, lansia, anak kecil, ibu hamil, dan mereka yang mengalami kondisi medis kronis tertentu.

“Tak hanya vaksin flu, sangat penting untuk masyarakat agar tidak melupakan pentingnya pemberian vaksin rutin lain untuk dewasa, seperti Hepatitis A, Hepatitis B, Meningitis, Tdap dan PCV,” tambah Prof Samsuridjal.

Sementara itu, Joselito Del Mundo Sta Ana MD MPH - Country Lead Sanofi Indonesia & GM Sanofi Pasteur Indonesia mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menjadi mitra pelayanan kesehatan yang terpercaya dan terintegrasi, baik secara global maupun di Indonesia.

Maka dari itu, kami mendukung penuh program vaksinasi nasional yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan misi kami untuk memastikan bahwa tidak ada yang menderita atau meninggal karena penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Terbukti dengan hingga tiga juta nyawa yang diselamatkan setiap tahun karena vaksinasi.

“Dalam rangka memperingati Pekan Imunisasi Dunia, Sanofi Pasteur dan Peralmuni mengingatkan semua orang untuk divaksinasi, dan tidak menunda jadwal vaksinasi untuk anak Anda dan diri sendiri karena pandemi agar kita saling melindungi satu sama lain,” tutupnya.  

 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN