Menu
Sign in
@ Contact
Search

Bunga Kredit Masih Berpeluang Turun

Jumat, 20 Januari 2017 | 13:13 WIB
Oleh Agustiyanti dan Yosi Winosa (redaksi@investor.id)

JAKARTA -- Bank Indonesia kembali mempertahankan suku bunga acuan BI 7-days reverse repo rate sebesar 4,75% dengan deposit facility dan lending facility juga dipertahankan di posisi masing-masing 4% dan 5,5%.


Meski bunga acuan tetap, bank sentral memperkirakan tren penurunan suku bunga kredit masih akan berlanjut sepanjang tahun ini dan bunga deposito berpeluang turun di awal tahun ini.


BI mempertahankan suku bunga acuan seiring masih banyaknya tantangan global, terutama kebijakan fiskal dan perdagangan Amerika Serikat (AS). Selain itu, BI juga mewaspadai risiko meningkatnya inflasi tahun ini seiring kenaikan beberapa harga yang diatur pemerintah (administered price).


Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung menuturkan, sepanjang tahun 2016, rata-rata suku bunga deposito tercatat turun sebesar 122 basis poin (bps), sedangkan suku bunga kredit turun 79 bps.


Juda mengatakan, tren penurunan suku bunga kredit akan terus berlanjut. Sepanjang tahun lalu, dari penurunan bunga kredit rata-rata sebesar 79 bps, penurunan terbesar terjadi pada kredit modal kerja sebesar 110 bps dan kredit investasi 91 bps. Sedangkan kredit konsumsi baru turun sebesar 29 bps.


"Dengan adanya penyesuaian suku bunga deposito dan kredit akan membantu proses recovery di sektor perbankan. Ke depan, suku bunga kredit diperkirakan terjadi penyesuaian," ungkap Juda, di Jakarta, Kamis (19/1). (gtr)


Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/home/kredit-perbankan-bisa-tumbuh-di-kisaran-10-12/155534

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com