Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Meneg BUMN Erick Thohir. (ist)

Meneg BUMN Erick Thohir. (ist)

Erick Ingin Kolaborasi BUMN dan Swasta Saling Untung

Kamis, 16 September 2021 | 13:57 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id -- Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan untuk membangun ekosistem yang sehat maka dibutuhkan kolaborasi dan sinergi antara BUMN dengan swasta yang menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan atau win win solution.

“Bangun ekosistem yang sehat, kita enggak mau BUMN jadi menara gading, tetapi saya mau pastikan kerja sama BUMN dengan swasta dan pemerintah daerah harus win win, saling untung,” kata Erick dalam acara Launching Produk Bersama dengan Nusakita, Panganesia, dan Rania, Kamis (16/9).

Di sisi lain, ia juga tidak ingin kembali terjadi tindak pidana korupsi dalam perusahaan pelat merah karena menjalankan project base bukan berbasis business base sehingga proses bisnis menjadi lebih jelas.

“Saya tidak mau ada oknum BUMN yang selama ini sering terjadi tindak korupsi karena project based bukan bisnis proses yang baik,” tuturnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta kepada pihak swasta yang menjalin kerja sama dengan perusahaan BUMN untuk tidak bermain curang dan harus mengedepankan transparansi, sehingga kerjasamanya saling menguntungkan.

“Saya juga meminta para swasta yang bekerja sama dengan BUMN jangan ngakalin, harus win win. Apalagi sekarang era sangat transparan digitalisasi, Covid memaksa digitalisasi terjadi. Digitalisasi artinya transparansi dan pasar terbuka,” jelas dia.

Pada kesempatan yang sama, Erick juga mengapresiasi langkah PT RNI Grup, BGR dan PTPN yang menginisiasi adanya Warung Pangan. Hal ini dinilai sejalan dengan yang ditekankan oleh Kementerian BUMN yakni mendorong keberadaan BUMN dekat dengan rakyat.

Dengan demikian, sinergi dan kolaborasi antara BUMN dengan swasta dan UMKM diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan lebih banyak dan turut mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Ini sejalan dengan tentu yang kita selalu tekankan, bahwa Kementerian BUMN sangat mendorong bagaimana keberadaan BUMN dekat dengan rakyat bangun UMKM dan bangun lapangan pekerjaan kerja. Kita melihat warung pangan jadi ekonomi yang baik," tuturnya.

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN