Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dr Yulius MA - Asisten Deputi Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Dr Yulius MA - Asisten Deputi Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Super Tax Deduction, Solusi Tingkatkan Kompetensi Generasi Muda Indonesia

Jumat, 17 September 2021 | 05:25 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan super tax deduction berupa pengurangan penghasilan bruto hingga 200% bagi perusahaan yang berinvestasi pada kegiatan vokasi atau pengembangan Sumber Daya Manuasia (SDM). Sayangnya, baru 42 perusahaan yang memanfaatkan super tax deduction itu. Padahal, super tax deduction bisa menjadi solusi tingkatkan kompetensi generasi muda Indonesia.

Asisten Deputi Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Dr.Yulius MA mengatakan. Presiden Jokowi memiliki visi Indonesia Emas 2045 untuk membawa Indonesia keluar dari middle-income trap dan menjadi perekonomian terbesar keempat dunia.

Kunci keberhasilan untuk mencapai visi tersebut adalah dengan menciptakan tenaga terampil dengan kompetensi tinggi di semua jenjang, memperbaiki pendidikan vokasi dan memanfaatkan bonus demografi. Sebuah pekerjaan rumah yang sangat besar sehingga membutuhkan keterlibatan dan koordinasi komprehensif dari seluruh pihak, lebih-lebih sektor privat. Karenanya, keterlibatan industri sangatlah penting.

“Untuk mempercepat peningkatan kualitas SDM serta mendukung program link and match antara lembaga vokasi dan dunia industri, pemerintah memberikan stimulus Super Tax Deduction bagi pelaku industri yang berperan aktif dalam kegiatan pengembangan vokasi,” ungkap Yulius di sela virtual Indonesia Business Links - Super Tax Deduction untuk Kaum Muda Indonesia, Kamis (16/9).

Dwi Setyobudi, Kasi Peraturan PPh Badan II (Fasilitas), Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan
Dwi Setyobudi, Kasi Peraturan PPh Badan II (Fasilitas), Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan

Dwi Setyobudi, Kasi Peraturan PPh Badan II (Fasilitas), Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan, menambahkan fasilitas insentif Super Tax Deduction sebesar 200% terdiri atas pengurangan 100 % dari biaya yang telah dikeluarkan, dan tambahan pengurangan lagi dengan besaran maksimal 100%.

Cakupan program vokasi yang bisa mendapatkan insentif itu meliputi praktik kerja dan pemagangan oleh peserta didik di perusahaan.

“Serta, pembelajaran melalui penyediaan tenaga pengajar oleh perusahaan di sekolah kejuruan, perguruan tinggi vokasi dan balai latihan kerja,” ucapnya.

Sementara itu, Country Head of Corporate Affairs Citibank, Puni A. Anjungsari mengatakan pihaknya meyakini peran generasi muda sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia semakin penting dalam menyiapkan masa depan negara. Melalui dukungan terhadap program Skilled Youth, yang berfokus menyiapkan generasi muda Indonesia untuk menjadi SDM yang siap kerja, maupun menjadi wirausahawan yang tangguh dan berdaya saing.

Pihaknya pun berharap dapat dapat membantu memperluas lapangan pekerjaan terhadap generasi muda, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran usia produktif di Indonesia.

“Terlebih, situasi pandemi dan krisis ekonomi semakin memberikan tantangan saat ini,” tegasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN