Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Vice President EIB, Gelsomina Vigliotti

Vice President EIB, Gelsomina Vigliotti

European Investment Bank Dukung Indonesia Antisipasi Perubahan Iklim

Jumat, 18 Februari 2022 | 19:40 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  - European Investment Bank (EIB) akan membuka kantor perwakilan baru di Jakarta untuk membiayai penanganan perubahan iklim di Asia Tenggara dan Pasifik. EIB telah aktif di Indonesia sejak tahun 1995 dan sampai saat ini telah berinvestasi US$ 500 juta ke Indonesia.

“Indonesia merupakan negara prioritas untuk EIB, oleh karena itu komite manajemen telah menyetujui pembukaan perwakilan regional di wilayah ini,” ucap Head of EIB Office Jakarta Sunita Lukkhoo dalam konferensi pers pada Jumat (18/2).

Pihaknya memilih Indonesia sebab Indonesia memiliki banyak potensi dan prioritas nasional adalah pemerintah benar-benar selaras dengan yang dilakukan EIB. Apalagi Indonesia juga memiliki tujuan yang sama dengan EIB mengenai upaya mengantisipasi dampak perubahan iklim.

“Jadi kita semua ada di sana dalam perjuangan terhadap iklim ini. Itulah salah satu alasan mengapa kami ada di sini. Kami ingin dapat membantu dalam pertarungan global itu,” ucap Sanita.

Head of EIB Office Jakarta Sunita Lukkhoo
Head of EIB Office Jakarta Sunita Lukkhoo

Sanita mengatakan sebelumnya EIB memiliki proyek pengembangan transportasi massal ramah lingkungan di India dan penyediaan sanitasi serta pengelolaan limbah di Kamboja. Hal ini diharapkan bisa berdampak positif pada lingkungan. “Kami ingin membantu di kawasan ini, berbagi pengetahuan, dan juga membantu negara-negara dalam regional ini,” kata Sanita.

Sementara itu, Vice President EIB, Gelsomina Vigliotti mengatakan pihaknya tidak hanya melayani pembiayaan negara Uni Eropa saja tetapi juga luar Uni Eropa. EIB sudah memutuskan bahwa sejak Januari 2022 ini pihaknya akan membuka perusahaan cabang khusus di luar Uni Eropa. EIB tidak hanya melayani pembiayaan negara Uni Eropa saja tetapi juga luar Uni Eropa.

“Hal ini dilakukan agar EIB lebih dengan lembaga keuangan lain dan bank pembangunan multilateral yang beroperasi di dalam negara dan ini Anda akan belajar bahwa kami yakin bahwa kami dapat meningkatkan kemampuan kami untuk melayani klien kami yang beragam,” ucap Vigliotti.

Sejak tahun 1995 EIB sudah memberikan dukungan untuk proyek penyediaan air bersih, sektor energi, dan telekomunikasi Indonesia serta perusahaan kecil dan menengah yang menjadi sumber lapangan kerja utama bagi penduduk Indonesia. Dengan adanya kantor perwakilan di Jakarta EIB meningkatkan kehadirannya dan mengintensifkan kegiatan di Indonesia. (ark)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN