Menu
Sign in
@ Contact
Search
Dirut PP Lukman Hidayat dan Dirut PGN Gigih Prakoso tandatangani kerja sama pembangunan sebanyak 500 ribu Jargas rumah tangga

Dirut PP Lukman Hidayat dan Dirut PGN Gigih Prakoso tandatangani kerja sama pembangunan sebanyak 500 ribu Jargas rumah tangga

PP dan PGN Kerja Sama Bangun Jargas Rumah Tangga

Selasa, 1 Oktober 2019 | 13:25 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - PT PP (persero) Tbk (PTPP) menjalin kerja sama pembangunan jaringan gas (jargas) dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS). Kerja sama terebut bertujuan untuk membangun sebanyak 500 ribu jargas rumah tangga.

Kerja sama tersebut bagian dari program sinergi BUMN Membangun Negeri. Sedangkan penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan Direktur Utama PP Lukman Hidayat dengan Direktur Utama PGN Gigih Prakoso di Jakarta pada 30 September 2019.

Gigih mengatakan, penandatanganan kerja sama ini menjadi momentum bagi PGN dan PP dengan rekam jejak panjang di industri infrastruktur untuk terlibat lebih jauh memperkuat peran BUMN dalam mendorong percepatan pembangunan dan penguatan ekonomi nasional.

“PGN sebagai pionir pemanfaatan gas berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kemandirian energi melalui optimalisasi pemanfaatan gas bumi di dalam negeri,” kata Gigih.

Sementara itu, Lukman Hidayat berharap kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk masyarakat di Indonesia. Melalui pemanfaatan gas bumi, selain lebih efisien, kerja sama ini diharapkan menciptakan sinergi usaha (business to business) sesama BUMN dengan prinsip saling menguntungkan.

“Kerja sama ini akan memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance)," jelas Lukman.

Saat ini, PGN telah menyalurkan gas bumi kepada 177.710 pelanggan rumah tangga di seluruh Indonesia melalui Jargas rumah tangga. Pelanggan gas bumi PGN tersebar di berbagai, seperti Jawa Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Sorong, Papua Barat.

Sebelumnya, PP  melalui anak usahanya, PT PP Infrastruktur, telah memenangkan tender pembangunan dan pengelolaan sistem penyediaan air minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Pembangunan SPAM tersebut diperkirakan menelan investasi hingga Rp 1,6 triliun.

PP Infrastruktur sebelumnya juga telah menandatangani perjanjian kerjasama pembangunan dan pengoperasian SPAM Regional Ir H Djuanda yang melayani 2,8 juta penduduk daerah Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor. Proyek tersebut digarap melalui konsorsium MMVP, yaitu Maynillad Water Services Inc., PP Infrastruktur, dan PT Varsha Zamindo Lestari.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com