Menu
Sign in
@ Contact
Search
Insight mencatatkan secara resmi reksa dana exchange traded fund (ETF), yakni Reksa Dana Indeks Insight ETF FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index, di  Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (11/6).

Insight mencatatkan secara resmi reksa dana exchange traded fund (ETF), yakni Reksa Dana Indeks Insight ETF FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index, di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (11/6).

Insight Investments Catatkan Reksa Dana Indeks ETF

Kamis, 11 Juni 2020 | 11:52 WIB
Thereis Love Kalla (thereis.kalla@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Insight Investments Management resmi mencatatkan reksa dana exchange traded fund (ETF), yakni Reksa Dana Indeks Insight ETF FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index, di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (11/6).

Direktur Utama Insight Investments Management Ekiawan Primaryanto mengatakan, reksa dana FTSE Indonesia Low Volatility berbasis indeks dari hasil kolaborasi dengan FTSE Russell (Financial Times Stock Exchange) sebagai penyedia benchmark, analitik, dan solusi data.

“FTSE Indonesia Index Low Volatility Factor merupakan market cap weighted index yang merepresentasikan performa dari saham big cap dan mid cap di Indonesia dengan faktor volatilitas lebih rendah dari FTSE Indonesia Index. Keunggulan reksa dana jenis ETF ini, yaitu kemudahan dalam berinvestasi di antaranya fleksibel, biaya yang relatif rendah, dan transparan,” jelas Ekiawan di Jakarta, kemarin.

Dia menegaskan, di tengah kondisi pasar domestik maupun global yang cenderung fluktuatif, kehadiran produk reksa dana ETF ini dapat menjadi pilihan investasi bagi para investor dengan memanfaatkan salah satu fitur unggulan produk ETF, yakni fleksibilitas dalam bertransaksi.

Berdasarkan hasil riset Insight, hasil backtesting kinerja 5 tahun FTSE Indonesia – Low Volatility Factor mampu mencatatkan kinerja melampaui indeks acuan, baik indeks harga saham gabungan (IHSG), indeks IDX30 hingga indeks LQ45.

Secara rata-rata per tahun dalam 5 tahun terakhir, FTSE Indonesia Low Volatility Factor berhasil membukukan total return 3,35%, jauh di atas FTSE Indonesia (Original) 1,24%, MSCI Indonesia Index 0,03%, maupun IHSG 0,64% per tahun. Sedangkan total return rata-rata per tahun IDX30 dan LQ45 justru minus 0,14% dan negatif 1,37%

Reksa dana Indeks Insight ETF FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index ditujukan untuk memberi hasil investasi yang optimal melalui ekuitas yang diterbitkan oleh korporasi. Adapun ekuitas yang diterbitkan oleh korporasi akan ditawarkan dalam penawaran umum dan diperdagangkan di BEI.

Layaknya berinvestasi di instrumen saham, lanjut Ekiawan, pembelian dan penjualan unit penyertaan reksa dana ETF dapat dilakukan sepanjang hari dengan harga yang tercatat di BEI selama jam perdagangan Bursa. Sehingga investor dapat bertransaksi dengan harga dan waktu secara real time.

“Selain itu, transparansi isi portofolio reksa dana ini menjadi faktor penting dalam memilih instrumen investasi. Reksa dana ETF memenuhi syarat transparansi yang lebih dalam dibandingkan reksadana konvensional,” kata Ekiawan.

Adapun Insight menunjuk PT Bank Central Asia Tbk sebagai bank kustodian dan Indopremier Sekuritas sebagai dealer partisipan. Nilai aset bersih (NAV) per unit Reksa Dana Indeks Insight ETF FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index hanya Rp 100 atau merupakan yang terendah di industri.

Selain itu, manajemen Insight berkomitmen mengalokasikan maksimal 25% dari imbal jasa manajer investasi untuk dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Insight, yaitu Transforming Investments Into Social Impact.

Melalui reksa dana ETF, pemegang unit penyertaan juga dapat melakukan kontribusi yang memberikan dampak sosial melalui kegiatan pengembangan kesejahteraan masyarakat, pengembangan sumber daya manusia yang mendukung program pemerintah.

“Insight bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menjalankan CSR secara efektif, relevan, dan sustainable. Program CSR yang dijalankan bertujuan untuk membangun role model yang kemudian dapat diduplikasi di wilayah lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Ekiawan.

Insight berusaha untuk berkontribusi melalui berbagai program CSR yang bertujuan untuk mengetaskan kemiskinan, peningkatan gizi buruk pada anak-anak kurang mampu, pemberdayaan masyarakat bawah dan lainnya. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mendukung Tujuan Pembangunan secara Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Guna mendukung program tersebut, Insight turut melibatkan peran berbagai mitra kerja setempat dalam menjalankan berbagai program seperti sosialisasi dalam berbagai bidang baik itu bidang pendidikan, UMKM, kesehatan, kesejahteraan masyarakat, dan lainnya.“Diharapkan dengan penyaluran bantuan yang ada, kualitas dan cakupan program CSR terus meningkat,” ujar Ekiawan.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com