Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Foto: PR/Beritasatu.com.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Foto: PR/Beritasatu.com.

Kolaborasi dengan Bank Aladin, Saham Pengelola Alfamart Diborong Rp 409,6 Miliar

Selasa, 6 Juli 2021 | 21:05 WIB
Nabil Al Faruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (6/7), terjadi transaksi tutup sendiri (crossing) saham PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) senilai Rp 409,69 miliar. Hal itu berlangsung menjelang peresmian kerja sama antara pengelola Alfamart itu dengan PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, aksi jual beli saham ini terjadi pada harga Rp 948 per saham, yang melibatkan sebanyak 432,16 juta saham atau setara 1,04% dari modal disetor Sumber Alfaria. Transaksi ini diperantarai oleh PT CGS CIMB Sekuritas.

Sementara itu, hingga 6 Juli 2021, pemegang saham Sumber Alfaria terdiri atas PT Sigmantara Alfindo (52,55%) sebagai pemegang saham pengendali dan masyarakat (47,45%).

Adapun langkah Sumber Alfaria yang berkolaborasi dengan Bank Aladin direspons positif oleh pelaku pasar, karena bisa menjadi katalis jangka pendek untuk keduanya. Saham AMRT melonjak 7,6% ke posisi Rp 1.345. Saham BANK naik 6,73% ke level Rp 3.650.

Sesuai rencana, Sumber Alfaria dan Bank Aladin akan menjalin kerja sama dalam menyediakan layanan top up di cabang Alfamart, sama seperti program laku pandai milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan supplier financing.

Tercatat, saat ini Sumber Alfaria memiliki 17.800 gerai yang dapat memberikan layanan top up. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan cabang BCA, BRI, Bank Mandiri, dan BNI dengan kombinasi total 15.200 cabang dan lebih banyak lagi dengan total seluruh cabang bank syariah 1.900 gerai.

Dengan kerja sama tersebut, Sumber Alfaria diyakini akan mendapatkan 3 keuntungan. Pertama, lebih banyak pendapatan berbasis biaya dari layanan top up. Kedua, menarik lebih banyak pelanggan untuk mengunjungi Alfamart, karena toko ini menyediakan layanan cabang mini. Ketiga, memperkuat ekosistem perusahaan.

Adapun seremoni yang akan dilaksanakan besok oleh Bank Aladin akan membahas peran, tantangan, dan solusi bank syariah di industri perbankan Indonesia, transformasi digital di bidang sistem pembayaran, digitalisasi transformasi di bidang keuangan, lalu seremoni penandatanganan kerja sama antara Bank Aladin dengan Sumber Alfaria, serta Bank Aladin dengan PT Media Dokter Investama (Halodoc).

Tahun ini, Sumber Alfaria mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 2,5-3 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai penambahan gerai baru dan memperpanjang sewa gerai.

Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya Solihin mengatakan, ada dua fokus utama Sumber Alfaria dalam penggunaan belanja modal tahun ini. Pertama adalah untuk memperpanjang masa sewa yang akan berakhir. "Ada beberapa gerai kami yang masa sewanya akan berakhir, sehingga otomatis harus diperpanjang," jelas dia kepada Investor Daily, baru-baru ini.

Kemudian, perseroan akan memanfaatkan sebagian belanja modal tersebut untuk membiayai penambahan gerai baru yang saat ini sudah mencapai 17.538 gerai. Menurut rencana, perseroan akan menambah 650-800 gerai baru tahun ini.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN