Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Bank MNC. (Foto: Dok )

Ilustrasi Bank MNC. (Foto: Dok )

MNC Bank-XL Axiata Jalin Kemitraan Strategis

Kamis, 12 Agustus 2021 | 10:31 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), yang merupakan bagian dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) menjalin kemitraan strategis untuk mempromosikan MotionBanking, aplikasi digital banking. Dalam kesepakatan, XL Axiata berkolaborasi menambah minimal 1 juta pengguna baru MotionBanking melalui promosi dan insentif khusus bagi pengguna XL Axiata.

“Kolaborasi antara XL Axiata dan MotionBanking telah membuka era baru kolaborasi antara operator telekomunikasi dan digital banking, yang pertama di Indonesia. Kemitraan ini menggabungkan ekosistem besar MNC Group, termasuk media, teknologi keuangan, dan kekuatan digital, dengan 56 juta basis pengguna XL Axiata dan layanan operator selulernya yang memberdayakan ekonomi digital dan inklusi keuangan,” kata CTO MNC Group Yudi Hamka, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/8).

Ekspansi masa depan berupa simbiosis antara perbankan dan perusahaan telekomunikasi, dikatakan Yudi tak terelakkan mengingat makin maraknya penggunaan telepon seluler dan masyarakat cashless. Peluang besar tersebut berasal dari posisi XL Axiata yang strategis untuk meningkatkan inklusi keuangan di era sekarang ini, di mana jumlah orang yang memiliki telepon seluler melebihi jumlah orang yang memiliki rekening bank.

Teknisi merawat BTS XL Axiata di Provinsi Lampung. (IST)
Teknisi merawat BTS XL Axiata. Foto ilustrasi:IST

Director and Chief Commercial Officer Consumer XL Axiata David Arcelus Oses menambahkan, kerja sama ini strategis bagi perseroan karena selaras dengan agenda transformasi digital XL.

”Kerja sama yang saling menguntungkan ini juga merupakan bagian dari komitmen dan kontribusi XL Axiata untuk mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia melalui teknologi. Kami yakin kerjasama ini akan memberikan akses untuk mempercepat inklusi keuangan bagi masyarakat,” katanya.

XL Axiata akan mendukung promosi di platform XL Axiata dan sebagai imbalannya, XL Axiata akan mendapatkan keuntungan tertentu termasuk hak untuk mendapatkan iklan baru di platform media MNC.

Yudi menambahkan, kerja sama dan kemitraan MotionBanking dan XL Axiata ini dilatarbelakangi oleh perkembangan layanan financial technology terkini. Perseroan pun mengatakan, setidaknya ada tiga hal mengapa Bank MNC menggandeng XL Axiata.

Pertama, smartphone merupakan saluran penting untuk perbankan digital, bahkan, smartphone merupakan inti dari perbankan digital. Penetrasi internet dan smartphone yang lebih tinggi (73% dan 70%) dibandingkan dengan penetrasi perbankan (23% fully banked dan 26% underbanked) menjadikan XL Axiata mitra yang sempurna. Dengan tersedianya lebih dari 156 ribu BTS mencakup 95% populasi di seluruh Indonesia, MotionBanking akan mampu menembus lebih dari 56 juta pengguna XL Axiata.

Kedua, masyarakat unbanked dengan smartphone akan memiliki akses ke layanan keuangan yang ditawarkan. Strategi ini juga akan memungkinkan MotionBanking untuk menawarkan berbagai produk dan layanan, termasuk fasilitas investasi dan kredit.

Ketiga, dengan bantuan analisis dan otomatisasi big data, XL Axiata dapat menjadi mesin untuk menyediakan personalisasi layanan keuangan sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan masing-masing pengguna. Bank MNC memperoleh akses ke kumpulan nasabah yang lebih besar sekaligus meningkatkan profil pinjaman dan memperkuat target pasarnya. [

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN