Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PGN akan mengelola bisnis gas bumi secara terintegrasi pada jaringan gas konvesional termasuk non pipa CNG dan LNG.

PGN akan mengelola bisnis gas bumi secara terintegrasi pada jaringan gas konvesional termasuk non pipa CNG dan LNG.

Kuatnya Pertumbuhan Kinerja PGN

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:13 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, investor.id - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN diyakini bakal mencetak pertumbuhan kinerja yang kuat hingga akhir tahun ini. Hal itu seiring peningkatan volume distribusi gas dan transportasi minyak oleh perseroan.

Peningkatan volume distribusigas dan transportasi minyak akan mendorong pertumbuhan kinerja keuangan PGN, sehingga optimistis target tercapai,” tulis analis Samuel Sekuritas Farras Farhan dalam risetnya.

Selain itu, PGN bakal didukung oleh berlanjutnya ekspansi bisnis, serta tuntasnya masalah pajak yang berdampak langsung pada lonjakan laba bersih.

Sementara itu, PGN tengah mengkaji untuk merambah bisnis perdagangan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG), petrokimia, dan turunan gas. Hal itu tentunya juga akan berdampak positif bagi perseroan ke depannya.

Terlebih, hingga kuartal III- 2021, perseroan membukukan kenaikan pendapatan sebesar 4,7% menjadi US$ 2,25 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu US$ 2,15 miliar. Laba bersih melonjak 437% menjadi US$ 286 juta.

Mengenai rencana pengembangan bisnis baru, yaitu perdagangan LNG, petrokimia, dan turunan gas, Farras menyebutkan bahwa hal itu bisa menjadi sumber untuk meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang. Bisnis perdagangan LNG direncanakan beroperasi tahun 2022 dengan ekspektasi berdampak pada peningkatan bisnis niaga gas PGN.

Ringkasan kinerja keuangan PT Gas Negara (PGN)
Ringkasan kinerja keuangan PT Gas Negara (PGN)

Sebab itu, Samuel Sekuritas mempertahankan rekomendasi beli saham PGAS dengan target harga direvisi naik menjadi Rp 1.800. Target harga tersebut merefleksikan perkiraan P/E tahun 2022 sekitar 12,3 kali.

Target harga tersebut juga mempertimbangkan lonjakan kinerja keuangan perseroan tahun ini.

Farras memperkirakan peningkatan laba bersih PGN menjadi US$ 374 juta tahun ini dibandingkan tahun lalu yang mencatat rugi bersih US$ 264 juta. Begitu juga dengan pendapatan diperkirakan naik dari US$ 2,88 miliar menjadi US$ 3,12 miliar.

Pandangan positif terhadap PGN juga disampaikan oleh analis Ciptadana Sekuritas Arief Budiman. Menurut dia, PGN menunjukkan volume pendistribusian gas yang sejalan dengan peningkatan permintaan dari pembangkit listrik.

Begitu juga dengan margin keuntungan penyaluran gas cenderung melanjutkan pemulihan. Sedangkan masalah pajak telah tuntas sebesar US$ 65,2 juta. Berbagai faktor tersebut mendorong Ciptadana Sekuritas untuk mempertahankan rekomendasi beli saham PGAS dengan target harga Rp 1.850.

Target harga tersebut mempertimbangkan perkiraan kenaikan laba bersih PGN menjadi US$ 224 juta tahun ini dan menjadi US$ 231 juta pada 2022  Perseroan diperkirakan mampu mencetak volume pendistribusian gas sebanyak 890 MMSCFD tahun 2021 dan meningkat menjadi 930 MMSCFD tahun 2022 dibandingkan tahun 2020 sebanyak 828 MMSCFD.

Harga saham PGAS dalam satu dekade terakhir
Harga saham PGAS dalam satu dekade terakhir

Sebelumnya, Direktur Utama PGN, M. Haryo Yunianto menjelaskan, hingga kuartal III- 2021, pihaknya mampu menjaga peningkatan kinerja operasional dengan tren positif melalui upaya- upaya strategis yang diambil perseroan di tengah ketidakpastian kondisi global dan nasional akibat pandemi.

Pada Januari-September 2021, volume niaga gas perseroan sebesar 873 BBTUD, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 812 BBTUD. Volume transmisi pada Januari-September 2021 mencapai 1.238 MMSCFD.

Selain itu, PGN mencetak volume upstream sebesar 6,46 MMBOE, regasification sebesar 88 BBTUD, LPG Processing sebesar 101 TPD, dan oil transport sebesar 9.301 BOEPD. Perseroan juga mampu meningkatkan pangsa pasar melalui penambahan jumlah pelanggan di berbagai sektor dan sampai kuartal III-2021 ini telah melayani lebih dari 600.000 pelanggan dengan cakupan jaringan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 10.760 km.

“Dengan semangat energizing you, PGN berusaha mengoptimalkan setiap peluang gas bumi melalui program gasifikasi untuk jargas, kilang, pembangkit listrik, industri tertentu, ritel dan industri tertentu, serta sektor maritim dan darat yang merupakan fokus perusahaan saat ini dan ke depan,” ujar Haryo.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN