Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu proyek Wika Realty. Foto: Perseroan

Salah satu proyek Wika Realty. Foto: Perseroan

Wijaya Karya (WIKA) Tambah Modal Wika Realty Rp 1 T

Rabu, 5 Januari 2022 | 08:40 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) akan menambah setoran modal Rp 1 triliun pada anak usaha, yakni PT Wijaya Karya Reality (Wika Realty) melalui skema debt to equity swap atau konversi utang menjadi modal.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Mahendra Vijaya mengungkapkan, sampai dengan 30 April 2021, Wika Realty memiliki pinjaman pemegang saham berikut bunga kepada WIKA sebesar Rp 4,5 triliun. Namun, yang diakui sebagai utang oleh WIKA sebesar Rp 3,95 triliun sebagaimana tertuang dalam perjanjian pengakuan utang tanggal 30 Desember 2021. Adapun WIKA merupakan salah satu pemegang saham di Wika Realty dengan kepemilikan sebesar 93,05%.

Baca juga: WSKT, WIKA, ADHI, dan PTPP Bersiap Bangun Ibu Kota Baru

“Berdasarkan perjanjian pengakuan utang telah disepakati oleh perseroan dan Wika Realty sebesar Rp 1 triliun dengan harga saham sesuai harga nominal saham Wika Realty sebesar Rp 100 per lembar saham untuk menjadi tambahan setoran modal melalui skema debt to equity swap,” jelas Mahendra dalam keterbukaan informasi dikutip pada Rabu (5/1).

Dia menambahkan, atas rencana transaksi tersebut telah disetujui dalam Keputusan Pemegang Saham di Luar Rapat Wika Realty Nomor MJ.01.00/WR-A.4683/2021 tertanggal 31 Desember 2021 sehingga kepemilikan saham WIKA di Wika Realty yang semula Rp 4,26 triliun meningkat menjadi Rp 5,26 triliun.

“Dengan dilaksanakannya transaksi tersebut, perseroan dapat meningkatkan porsi kepemilikannya pada Wika Realty sehingga perseroan dapat mendapat kontribusi lebih dalam pemberian laba dari Wika Realty secara konsolidasi,” jelas Mahendra.

Mahendra menyebutkan, berdasarkan hasil analisis dapat dipastikan bahwa nilai transaksi yang merupakan biaya untuk penambahan setoran modal Wika Realty oleh Wijaya Karya melalui skema debt to equity swap memberikan nilai tambah. Di mana, hasil analisis kelayakan investasi saham Wika Realty menunjukan bahwa investasi adalah layak yang ditunjukan dengan nilai IRR sebesar 18,56% lebih besar dan tingkat biaya modal sebesar 9,73% dan NPV positif sebesar Rp 2,39 triliun. Dengan nilai-nilai indikator tersebut, maka investasi layak dilaksanakan.

Baca juga: WIKA Kuasai 19% Saham PT Bandara Internasional Batam

Selain itu, dengan dilakukannya transaksi memberikan kontribusi nilai tambah terhadap laba yang diatribusikan kepada perseroan. Dengan dilakukannya transaksi, sebut Mahendra, kontribusi nilai tambah selama periode 1 Mei 2021 - 31 Desember 2026 terhadap laba yang diatribusikan kepada perseroan sebesar Rp 8,042 miliar.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN