Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas sedang melayani nasabah Bank KB Bukopin di Jakarta, belum lama ini. Foto: Beritasatu Photo/Uthan AR

Petugas sedang melayani nasabah Bank KB Bukopin di Jakarta, belum lama ini. Foto: Beritasatu Photo/Uthan AR

Bosowa Jual Bersih Saham Bukopin (BBKP), Saham BBKP Siap Bangkit?

Senin, 17 Januari 2022 | 14:58 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Kepemilikan PT Bosowa Corporindo di PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) ternyata sudah tak tersisa. Berdasarkan kepemilikan terbaru daftar KSEI, kepemilikan Bosowa telah hilang. Hal ini dampak dari perintah OJK NO. 64/KDK.02/2020 yang memerintahkan larangan Bosowa sebagai pihak utama pengendali atau memiliki saham pada lembaga jasa keuangan (LJK) dan atau menjadi pihak utama pengurus  dan atau pihak utama pejabat pada LJK dengan jangka waktu 3 tahun.

Aksi ini dinilai bisa membangkitkan saham BBKP yang selama ini loyo. Pengamat Pasar Modal dari Asosiasi Analis Efek Indonesia Reza Priyambada mengatakan, kinerja Bukopin akhir-akhir ini sudah mulai cemerlang. Namun sayangnya sentimen positif ini justru kalah oleh kisruh diluaran terutama terkait kepemilikan saham.

Baca juga: Bank Bukopin Kucurkan Pinjaman Subordinasi ke Anak Usaha Rp 350 Miliar 

“Harusnya bisa jadi sinyal positif buat pergerakan saham Bukopin karena kinerjanya juga sudah mulai membaik, tapi secara kasar direcoki oleh kisruh pemegang saham dan ini menjadi sentiment negatif di pasar. Sedangkan, perbankan lainnya kalau kita lihat sudah berkutat dengan digitalisasi. Makanya dengan mulai berkurangnya kisruh ini diharapkan sentimen Bukopin kedepannya bisa membaik,” ujarnya kepada Investor Daily, Senin (17/1).

Di sisi lain, ada katalis positif lainnya bagi BBKP yakni pembelian Valbury Sekuritas yang menurut info akan diumumkan dalam waktu dekat.  Hal ini mencerminkan bahwa KB Kookmin akan semakin agresif di Indonesia.

Adapun, dalam daftar pemegang saham yang dilaporkan oleh emiten ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 10 Januari 2022. Berdasarkan laporan tersebut, pemegang saham perusahaan saat ini adalah Kookmin Bank Co., Ltd. sebesar 67% sekaligus pemegang saham pengendali perusahaan. Sisanya adalah kepemilikan di bahwa 5% atau tercatat sebagai pemegang saham publik dengan total floating share 33%

Terakhir kali Bosowa tercatat sebagai pemegang saham perusahaan pada akhir Agustus 2021 lalu dengan kepemilikan sebesar 6,313%. Namun dalam kepemilikan per September, Bosowa sudah tak lagi tercatat sebagai pemegang saham.

Baca juga: Rights Issue Rp 7,04 T, Kookmin Bakal Serap PUT KB Bukopin Rp 4,71 Triliun

Bosowa tak lagi tercatat sebagai pemegang saham Bukopin lantaran terkena penghapusan sebagian saham (partial delisting) oleh BEI yang mana kepemilikan saham kurang dari 1% tidak lagi dicatatkan di BEI.

Dengan demikian, setelah partial delisting, maka saham BBKP yang tercatat keseluruhan sebesar 31.996.002.771 saham. Sementara itu berdasarkan data terakhir, jumlah saham beredar BBKP sebelum partial delisting adalah sebanyak 32.673.251.194, artinya saham BBKP yang tidak dicatatkan yaitu sebanyak 677.248.423 saham.

Secara rinci, saham tersebut adalah milik Kopkapindo sebanyak 397.602.613 saham, milik Bosowa Corporindo 188.779.606 saham, dan milik Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia (Kopelindo) sebanyak 90.866.204 saham.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN