Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Telkomsel Ekosistem Digital (Foto: Dok. PR)

PT Telkomsel Ekosistem Digital (Foto: Dok. PR)

Andi Kristianto Jadi Bos Telkomsel Ekosistem Digital

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:21 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui anak usahanya, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) mengangkat Andi Kristianto sebagai Chief Executive Officer (CEO) PT Telkomsel Ekosistem Digital. Telkomsel Ekosistem Digital merupakan anak usaha yang baru saja dibentuk Telkomsel untuk memperkuat ekonomi digital di Indonesia.

Sebelum ditetapkan sebagai CEO Telkomsel Ekosistem Digital, Andi Kristianto pernah menjabat sebagai CEO Telkomsel Mitra Inovasi yang merupakan anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang permodalan ventura.

Baca juga: Gandeng Telkomsel, BNI Padukan Bisnis Telko dan Supply Chain Financing

Sebagai orang nomor satu di Telkomsel Ekosistem Digital, Andi menyampaikan bahwa Telkomsel Ekosistem Digital akan mengoptimalkan keunggulan aset dan kapabilitas ekosistem Telkomsel untuk mengeksplorasi berbagai potensi sehingga mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital nasional dan menjadikan Indonesia sebagai digital powerhouse di Asia Tenggara.

Pada tahap pengembangan pertama, Telkomsel Ekosistem Digital akan fokus pada tiga sektor industri digital yaitu edutech, healthtech, dan gaming. "Ketiga lini bisnis ini dinilai berpotensi besar untuk mendorong perekonomian digital nasional dan akan menjadi bagian dari emerging portofolio bisnis digital Telkomsel yang ke depannya berpotensi untuk scale-up," ujar Andi dalam keterangan resmi, Selasa (18/1).

Dalam waktu dekat ini, Telkomsel berencana melakukan pemekaran usaha melalui pemisahan keseluruhan bisnis aplikasi Kuncie dan Fita untuk dialihkan kepada Telkomsel Ekosistem Digital, guna memperkuat penetrasi bisnis vertikal, masing-masing di sektor edutech dan healthtech.

Baca juga: Telkom : Indonesia Jadi Lokasi Potensial untuk Ekspansi Bisnis Data Center

Sedangkan sektor gaming, Telkomsel telah mengalihkan kontrak usaha patungan kepada Telkomsel Ekosistem Digital untuk mendirikan perusahaan joint venture (JV) yang fokus bisnisnya sebagai perusahaan penerbit (publisher) gaming untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas di vertikal bisnis Telkomsel di industri games.

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulia Syam menuturkan bahwa Indonesia kini menjadi salah satu negara dengan penetrasi ekonomi digital yang terus tumbuh positif di setiap tahunnya, di mana transaksi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai US$ 124 miliar pada 2025.

"Kami berharap, Telkomsel Ekosistem Digital dapat menjalankan perannya memperkuat Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler, melalui optimalisasi kapabilitas ekosistem layanan digital yang dimiliki untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi salah satu negara ekonomi digital terbesar di dunia,” jelas Hendri.

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN