Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Surya Citra Media, salah satu anak usaha Emtek. Foto: Perseroan.

Surya Citra Media, salah satu anak usaha Emtek. Foto: Perseroan.

Pasar Tokenisasi Real Estat Diproyeksikan US$ 80 Triliun, Emtek dan Sejumlah Investor Suntik Dana US$ 3 Juta ke Startup NFT

Selasa, 18 Januari 2022 | 23:51 WIB
Nabil Al Faruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atau Emtek Group bersama investor lainnya menyuntikan dana ke startup NFT yang berbasis di Hong Kong dan Bangkok. Dana yang disuntikkan mencapai US$ 3 juta atau setara Rp 43 miliar. 

Startup tersebut dinilai punya prospek bagus, dengan didukung pasar tokenisasi real estat yang diperkirakan akan bernilai US$ 80 triliun.

Berdasarkan ketrangan resmi, Selasa (18/1), Fraction, startup fintech yang berbasis di Hong Kong dan Bangkok, mengumumkan perolehan dana sebesar US$ 3 juta dalam putaran pra-seri A yang dipimpin oleh East Ventures, dengan partisipasi dari Emtek Group (Grab dan Bukalapak), Thakral Limited, V Ventures, dan sekelompok investor regional. 

Pengumpulan dana ini sejalan dengan penerimaan ICO Portal License Thailand (bergantung atas persetujuan aktivasi) dari Securities and Exchange Commission of Thailand (SEC), dan rencana yang telah diumumkan sebelumnya untuk menawarkan kepemilikan secara parsial (fractional ownership) dari beberapa aset real estat ikonik di Thailand pada kuartal I-2022 melalui platform fractional ownership end-to-end yang didukung oleh NFT dan blockchain.

Fraction akan menggunakan dana baru ini untuk mengeksekusi rencana yang telah diumumkan sebelumnya, yakni meluncurkan penawaran kepemilikan parsial real estat pertama, serta mempercepat pertumbuhan beberapa kelas aset, layanan, dan yurisdiksi untuk merevolusi dan mendemokratisasikan akses ke investasi dan modal, bagi jutaan orang yang saat ini belum memiliki akses terhadap aktivitas investasi yang menghasilkan kekayaan.

“Mulai dari sekarang, kami dapat mengaktifkan inklusi keuangan yang memungkinkan para investor kecil untuk berpartisipasi dalam kelas-kelas aset menarik yang tidak dapat diakses sebelumnya,” ujar Co-Founder dan CEO Fraction Eka Nirapathpongporn dan mantan Managing Director dan Partner di Lazard, sebuah firma penasihat keuangan dan manajemen aset global yang berbasis di New York.

Konvergensi Keuangan dan Teknologi Blockchain
Eka mengatakan, peluang pertumbuhan untuk Fraction sangat besar, di mana pasar tokenisasi real estat diperkirakan akan bernilai US$ 80 triliun. “Kami senang dapat berada pada garis terdepan gelombang baru konvergensi keuangan dan teknologi blockchain,” ujar dia.

Terkait investasi tersebut, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca mengatakan, pihaknya senang menjadi bagian dari visi Fraction untuk menciptakan akses ke investasi modal yang hingga saat ini hanya diperuntukkan bagi segelintir orang terpilih.

“Kami semakin bersemangat akan peluang pertumbuhan yang besar dari platform ini, yang membuat digitalisasi dan kepemilikan secara parsial akan aset dunia nyata menjadi aktivitas sehari-hari yang mudah. Real estat adalah kelas aset pertama dan kami berharap dapat mendukung Fraction seiring dengan perkembangannya menjadi beberapa kelas aset dan yurisdiksi,” ujar dia.

Selain investor-investor terkemuka pada pendanaan pra-seri A ini, Fraction telah didukung oleh beberapa nama terkenal pada putaran pendanaan awal (seed funding), baik dari industri teknologi maupun keuangan tradisional, termasuk SINGHA Ventures, Tanarra Capital milik John Wylie, dan Skystar Capital Indonesia.

“Kami sangat senang telah didukung oleh beberapa nama terkemuka di industri yang percaya pada visi Fraction dan kemampuan kami, untuk mengubah paradigma investasi yang telah ada. Putaran pendanaan terbaru ini memungkinkan kami untuk terus menjembatani dunia keuangan tradisional dengan revolusi keuangan digital, dan penciptaan pasar modal yang sepenuhnya baru, di mana akan memberikan dampak berarti bagi jutaan orang.” tambah Co-Founder dan CTO Fraction Shaun Sales. 


 

Editor : Esther Nuky (esther@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN