Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi Robot Trading

Ilustrasi Robot Trading

Wajib Dibaca! Skema Ponzi Bergentayangan, Ini Sistemnya

Rabu, 2 Februari 2022 | 13:34 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

Jakarta, INVESTOR.ID -  Investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal akhir-akhir ini mulai banyak yang terbongkar. Mulai dari modus perdagangan forex, saham, hingga kripto semua dimanfaatkan banyak pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengorek cuan sebanyak-banyakan dari investor yang minim pengetahuan, namun ingin cepat kaya.

Apalagi, banyak juga platform robot trading yang mengiming-imingi masyarakat dengan imbal hasil besar, minim risiko, dan tidak perlu melakukan kegiatan trading sama sekali.

Baca juga: TERPOPULER: Penyegelan Usaha Robot Trading hingga Nasib January Effect

Dikutip dari channel Youtube CEO of 'HahKokGituSih?' Pak Win Rabu (2/2), dijelaskan bahwa skema ponzi terbagi dalam dua jenis manipulasi. Pertama, ada yang transaksinya fiktif backdate di mana profit atau loss-nya ditentukan berdasarkan sistem. Kedua, ada yang tampilan harganya fiktif, sekilas harganya bergerak wajar, tapi suatu ketika bisa dibanting manual naik atau turun harga oleh pemilik sistem, dan ini bukan pergerakan market, hanya visual fiktif.

Apapun bentuk manipulasinya, intinya si sistem mengandalkan uang anggota baru untuk bayar keuntungan bagi si anggota lama. “Semua yang ada di tampilan diarahkan untuk memancing rasa serakah orang untuk menambah jumlah uang yang dimasukan dan mengajak lebih banyak orang lagi. Ketika uda terkumpul banyak, baru ngilang deh brokernya,” tulisnya.

Baca juga: Membangkang, Pelaku Usaha Robot Trading Kembali Disegel Kemendag

Pak Win menambahkan, dari tahun 2000an penipuan sistem trading seperti ini sudah terjadi cukup banyak. Namun, karena belum masifnya penggunaan social media dan regulasi sehingga belum terlalu di-blow up. Investor yang tertipu pun sebenarnya sudah sangat banyak, namun karena malu atau bingung mau mengadu kemana sehingga yah kasus ini hilang begitu saja.

“Yang dibawa kabur sampai dengan ratusan miliar, tapi terlupakan sejalan dengan waktu,” imbuh Pak Win.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com