Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi reksa dana pasar uang

Ilustrasi reksa dana pasar uang

Yuk, Kenal Lebih Jauh dengan Reksa Dana

Kamis, 3 Februari 2022 | 10:15 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Di tengah pandemi seperti ini, kita harus memperkuat imunitas dengan mengkonsumsi suplemen makanan. Namun, kita juga perlu sehat finansial. Salah satunya caranya adalah dengan berinvestasi.

Menurut Tim Wealth Management OCBC NISP, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, kita perlu memilih instrumen yang tepat. Instrumen yang cocok untuk pemula yang baru mulai berinvestasi adalah reksa dana.

Reksa dana menjadi salah satu produk yang populer karena jenis investasi yang menguntungkan, dan tingkat profitabilitasnya pasti serta minim risiko. Plus, reksa dana adalah salah satu jenis investasi dengan modal rendah sehingga cocok bagi pemula yang memerlukan booster suplemen bagi kesehatan finansial mereka. 

Baca juga: Dana Kelolaan Reksa Dana Berbasis ESG Terus Melesat

Secara definisi, reksa dana adalah sekumpulan dana berasal dari masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi pada instrumen investasi lain seperti pasar saham, obligasi, dan lainnya. Apabila mendapatkan keuntungan, dananya akan dibagi sesuai dengan jumlah reksa dana yang dibeli. 

Berinvestasi di reksa dana juga perlu memahami jenis-jenis produknya. Setidaknya ada enam produk reksa dana.

1. Reksa Dana Saham

Dana yang diberikan akan diinvestasikan kepada efek saham yang paling menguntungkan berdasarkan perhitungan manajer investasi. Reksa dana ini sesuai untuk investasi jangka panjang, setidaknya lima tahun. 

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Jika memilih jenis ini, dana akan diinvestasikan pada instrumen yang berupa utang seperti obligasi dan surat utang. Investasi ini bisa digunakan untuk tujuan jangka menengah, yakni sekitar satu hingga tiga tahun. 

3. Reksa Dana Campuran

Seperti namanya, reksa dana campuran adalah investasi yang dialokasikan di berbagai instrumen. Manajer investasi bisa menginvestasikan pada efek saham, obligasi, surat utang, deposito, dan sebagainya. Jangka waktu yang sesuai adalah tiga sampai lima tahun. 

4. Reksa Dana Pasar Uang

Investasi reksa dana diberikan pada pasar uang Indonesia 100% dan jenis ini cocok untuk tujuan jangka pendek, yaitu satu tahun. 

5. Reksa Dana Syariah

Hampir sama dengan investasi reksa dana konvensional, reksa dana syariah dialokasikan pada instrumen-instrumen yang menjalankan prinsip-prinsip syariah. Sehingga, muslim yang tidak setuju dengan sistem bunga, pilihan ini bisa jadi solusinya. 

6. Reksa Dana Berjangka 

Reksa dana ini memiliki pilihan pembelian harian, mingguan, dan bulanan. Produk ini menggunakan konsep berbunga. 

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com