Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi investasi: Foto: newsklikpositif.com

Ilustrasi investasi: Foto: newsklikpositif.com

Perhatikan Lima Hal ini Sebelum Investasi di Reksa Dana

Senin, 7 Februari 2022 | 08:46 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id- Risiko berinvestasi di reksa dana termasuk rendah jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor pemula, Anda tetap perlu memperhatikan hal berikut;

Adapun menurut Tim Wealth Management dari OCBC NISP, ada lima hal yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi di reksa dana;

Baca juga: Simak Cara Investasi Reksa Dana yang Baik

-Penurunan Nilai

Penurunan nilai adalah risiko yang perlu diwaspadai sebelum berinvestasi menggunakan reksa dana. Penurunan nilai disebabkan oleh adanya perubahan harga aset di dalamnya. Contohnya adalah ketika harga saham pada reksa dana turun, maka hal tersebut akan berimbas pula terhadap Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/UP). 

-Likuiditas

Risiko likuiditas rupanya berkaitan dengan pencairan reksa dana. Hal ini terjadi ketika manajer investasi terlambat menyediakan dana bagi investor yang akan melakukan pembayaran pencairan atau redemption. Sesuai peraturan yang berlaku, pembayaran dana dalam hal ini harus dilakukan oleh manajer investasi maksimal tujuh hari kerja tidak termasuk hari libur. 

Baca juga: Ini Keuntungan Investasi di Reksa Dana Bagi Pemula

-Wanprestasi

Risiko ini terjadi apabila manajer investasi tidak mampu membayar kupon dan uang pokok yang telah diinvestasikan karena mengalami kerugian investasi.

-Ekonomi dan Politik

Kondisi ekonomi dan politik di Indonesia juga akan mempengaruhi dunia investasi, termasuk reksa dana. Jika kondisinya tidak kondusif, bisa jadi nilai keuntungan akan mengalami penurunan. Sebaliknya, bila kondisinya baik, maka keuntungan yang Anda dapatkan juga dapat meningkat.

-Pertanggungan Harta

Risiko ini dapat terjadi apabila terjadi pencurian data pada bank kustodian. Namun, umumnya bank dan perusahaan investasi telah memberikan asuransi terhadap aset yang dimiliki. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir. Pastikan untuk memilih bank dan perusahaan yang kredibel.

Editor : Gita Rossiana (gita.rossiana@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com