Menu
Sign in
@ Contact
Search
CEO XL Axiata Dian Siswarini. Sumber: BSTV.

CEO XL Axiata Dian Siswarini. Sumber: BSTV.

Berkat Digitalisasi, XL (EXCL) Cetak Rekor Laba Tertinggi Sejak 2013

Senin, 21 Februari 2022 | 10:15 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - PT XL Axiata Tbk (EXCL) atau XL Axiata berhasil meningkatkan performa perusahaan di sepanjang tahun 2021, di mana laba bersih tercatat sebesar Rp 1,3 triliun atau melonjak 246,55% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY) Rp 371,59 miliar. Raihan tersebut berhasil membawa XL mengukir rekor pencapaian laba bersih yang tertinggi sejak tahun 2013. 

Perseroan pun mampu mencatatkan pendapatan sebesar Rp 26,8 triliun, meningkat 3% YoY. Bahkan, bisa meningkatkan kontribusi pendapatan data menjadi 94%, yang tertinggi di industri. Pendapatan data per akhir 2021 tercatat sebesar Rp 23,42 triliun, naik 5,4% YoY. Selain itu, perseroan juga berhasil meningkatkan kekuatan jaringan untuk meningkatkan customer experience dan digitalisasi, yang pada akhirnya ikut mendukung efisiensi bisnis, serta peningkatan penjualan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, pihaknya telah membelanjakan capex yang lebih besar pada tahun 2021 ini untuk meningkatkan kualitas jaringan serta meningkatkan digitalisasi guna menghadirkan customer experience yang terbaik.

“Fokus kami bukan untuk merespon persaingan tarif layanan, tetapi lebih pada memberikan customer experience terbaik dan menciptakan nilai bagi pelanggan kami,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (21/2).

Baca juga: Akuisisi Link Net (LINK), Analis Revisi Naik Target XL Axiata (EXCL)

Dian menambahkan, konsolidasi dalam industri akan positif untuk persaingan karena telah menciptakan struktur industri yang lebih seimbang. Ini berarti fokus para pelaku pasar mustinya lebih tertuju pada customer experience daripada memainkan tarif. Karena itu, investasi XL Axiata pada jaringan, serta digitalisasi menjadi strategi perseroan guna menyajikan customer experience terbaik.

Hingga akhir 2021, total jumlah BTS XL Axiata mencapai lebih dari 162.282 unit, dengan BTS 4G meningkat menjadi 77.204. Sementara itu, fiberisasi telah mencakup lebih dari 50% site. Area yang terlayani jaringan 4G juga bertambah menjadi sebanyak 458 kota kabupaten.

Terus meningkatnya kekuatan jaringan XL Axiata tersebut searah dengan tingkat penggunaan layanan data yang lebih tinggi oleh pelanggan. Selama periode 12 bulan di 2021, trafik data XL Axiata meningkat pesat hingga naik 34% YoY ke 6.549 Petabyte. Hal ini juga selaras dengan kecepatan akses internet yang meningkat sebesar 20% sejak awal tahun.

Akses internet yang lebih cepat berdampak positif pada pemakaian aplikasi digital, termasuk aplikasi milik perusahaan, yaitu “myXL” dan “Axisnet”. Pada kedua aplikasi yang antara lain menawarkan berbagai paket layanan dan juga sarana customer service kepada pelanggan tersebut, masing-masing mengalami peningkatan hingga 3,5x dalam pengguna aktif bulanan sejak awal pandemi. Dengan demikian, peningkatan investasi yang telah XL Axiata implementasikan telah terbukti sangat mendukung peningkatan performa bisnis, terutama pada sisi efisiensi biaya serta peluang untuk meningkatkan penjualan produk.

Baca juga: XL Axiata (EXCL) dan Axiata akan Tender Offer Saham Link Net (LINK), Berikut Nilai Taksirannya

Sesuai dengan visi untuk menjadi  the no 1 Converged Operator in Indonesia, perseroan terus berupaya memperkenalkan layanan konvergensi sekaligus meningkatkan manfaatnya. Hasilnya, penetrasi layanan konvergensi ini telah mencapai 11%, yang berarti menunjukkan kuatnya permintaan atas produk ini. Akuisisi PT Link Net Tbk (LINK) yang baru saja dilakukan akan sangat mendukung pengembangan produk konvergensi ini di masa mendatang.

Perseroan juga berhasil menjaga rerata pendapatan per pengguna (average revenue per user/ARPUblended di angka Rp 36 ribu, dengan jumlah pelanggan XL Axiata hingga akhir tahun 2021 ada sebanyak 57,9 juta dan tingkat penetrasi smartphone meningkat sebesar 4% YoY menjadi 92%. Hal ini menunjukkan kemampuan perseroan menjaga perkembangan pelanggan yang sehat.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com