Menu
Sign in
@ Contact
Search
IST

IST

Wow, Transaksi Timah ICDX Melonjak 50% Dalam Dua Bulan Pertama

Rabu, 9 Maret 2022 | 12:41 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id- ICDX menerima kunjungan kerja Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Selasa (08/03/2022) di kantor ICDX, Jakarta. Kunjungan ini untuk membahas mengenai aktivitas ekspor timah melalui ICDX yang terpusat di Bangka Belitung.

Adapun, sepanjang dua bulan pertama tahun 2022, nilai transaksi ekspor timah ICDX mencatatkan pertumbuhan yang positif, naik sebesar 50,21% menjadi hampir Rp 1,7 triliun. Untuk harga timah ICDX tertinggi hingga awal Maret mencapai US$ 46.895 per metrik ton pada Senin (07/03/2022), rekor harga timah Indonesia tertinggi sepanjang sejarah.

Kenaikan harga ini tentu akan berdampak positif baik untuk smelter timah Indonesia dalam hal memberikan keuntungan bagi seller yang bertransaksi di ICDX, maupun bagi pemerintah Indonesia karena devisa yang diterima atas ekspor juga ikut meningkat. Dalam pertemuan tersebut, DPRD Babel bersama ICDX sepakat untuk bersama memajukan pasar fisik timah di Bangka Belitung.

Baca juga: Tingkatkan Transaksi, ICDX Targetkan Gaet 8 Pedagang Emas Fisik Digital Tahun Ini

Dari sisi harga, Research & Development ICDX Girta Yoga menjelaskan, tren positif kenaikan harga sudah terlihat sejak awal tahun, dipicu oleh masalah pasokan yang masih ketat di pasar, sementara dari sisi permintaan sudah berangsur pulih seiring dengan dibukanya kembali penguncian di negara-negara importir timah utama. Hingga awal Maret, harga timah tercatat telah melonjak sebesar 18% sejak awal tahun ini.

“Terkait isu global yang saat ini sedang hangat dibahas, yaitu terkait konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina secara tidak langsung juga akan berdampak pada pergerakan harga timah. Komoditi yang paling terdampak langsung adalah komoditi energi, namun, komoditi energi ini ikut mempengaruhi perhitungan biaya dasar dari pelaku timah baik dari biaya produksi maupun biaya logistik,” ujarnya dalam keterangan tertulis Rabu (09/03/2022).

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com