Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi ESG. Foto: Pixabay

Ilustrasi ESG. Foto: Pixabay

Dana Kelolaan Reksa Dana Berbasis ESG CapaiRp 3,5 triliun

Kamis, 17 Maret 2022 | 20:05 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Bursa Efek Indonesia (BEI) berkomitmen mendukung penerapan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola atau environmental, social, and governance (ESG) di pasar modal Indonesia.

Penerapan ESG membuat investasi yang dilakukan secara tidak langsung juga turut mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan sosial, sekaligus memberikan rasa aman karena investasi dilakukan pada perusahaan yang menerapkan tata kelola yang baik.

Baca juga: Direktur BEI Risa E Rustam Masuk Daftar Pemimpin Wanita 2022 WFE

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, pihaknya terus mengembangkan ESG di pasar modal sejalan dengan tuntutan pasar. Pertumbuhan investasi berkelanjutan bukan hanya di global saja tetapi di Indonesia. Sejak pertama diluncurkan di tahun 2014, jumlah produk dan besaran dana yang dikelola reksa dana yang berbasis ESG mengalami peningkatan yang drastis.

“Inisiatif yang berkelanjutan dan ESG ini yang dilakukan oleh manajer investasi, perusahaan, pemerintah, OJK, dan BEI dilakukan untuk menciptakan keseimbangan antara aspek yang terkait untuk mencapai kesejahteraan dan keuntungan dengan bertanggung jawab dan keberlangsungan lingkungan hidup,” ungkap Hasan Fawzi, Kamis (17/3/2022).

Hasan menambahkan data yang dilihat di OJK pada akhir tahun 2021 sudah terdapat 15 produk reksa dana yang berdasarkan indeks saham bertema ESG, dengan nilai dana kelolaan sebesar Rp 3,5 triliun. Jumlah dana kelolaan produk berbasis ESG ini juga meningkat secara drastis dibandingkan dengan lima tahun yang lalu di mana di akhir 2016 hanya satu produk reksa dana dengan dana kelolaan senilai Rp 42 miliar.

Selain itu, dilihat di sisi lain, pemerintah selalu menghadirkan komitmen untuk mengedepankan kesadaran berpraktek bisnis ESG.

Baca juga: Komit ESG, Bank Mandiri (BMRI) akan Lanjutkan Penerbitan Obligasi Berkelanjutan

Lebih lanjut, Hasan mengatakan, BEI sudah memiliki empat indeks ESG, yaitu IDX ESG Leaders, SRI KEHATI, ESG Sector Leaders IDX KEHATI, dan ESG Quality 45 IDX KEHATI.

“Tentu kita berharap dengan adanya indeks berbasis ESG ini juga akan menjadi pendorong pada perusahaan yang tercatat untuk berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai dan seleksi yang baik sehingga mereka bisa masuk di ESG dengan cara terus menerapkan ESG yang baik pada perusahaan masing-masing,” tutup Hasan Fawzi. (C01)

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com