Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi investasi bodong

Ilustrasi investasi bodong

Lakukan Empat Langkah Ini Agar Terhindar Investasi Ilegal

Sabtu, 19 Maret 2022 | 09:54 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Beberapa waktu belakangan, masyarakat Indonesia digemparkan oleh kasus binary option atau praktik investasi ilegal yang diduga kuat memberikan banyak kerugian secara materiil dan non-materiil kepada korban.

Praktik investasi dalam kedok trading dan binary option menjadi sorotan karena menghadirkan praktik investasi ilegal yang merugikan banyak penggunanya. Hal ini tentunya sangat disayangkan dimana saat ini tren investasi sedang naik daun di kalangan masyarakat.

Mencermati kondisi ini Co-Founder Lifepal Benny Fajarai menghimbau, masyarakat perlu semakin berhati-hati terhadap ancaman dari adanya praktik investasi ilegal. “Masyarakat diharuskan untuk memilih jenis investasi yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhannya, serta tentunya investasi yang menawarkan imbal hasil balik dengan skala yang masuk akal.” ungkap Benny dalam keterangan tertulis yang dikutip Sabtu, (19/03/2022).

Baca juga: Salah Kaprah Penggunaan Terminologi Investasi Bodong pada Binary Option

Agar terhindar dari investasi illegal, Benny membagikan beberapa cara yang dapat diaplikasikan guna menjaga investasi yang dilakukan berjalan sesuai dengan tujuan awal sebagai investor.

  1. Kenali tipe investasi dan profil risiko sesuai dengan kebutuhan finansial.

Dalam melakukan investasi, hal pertama yang perlu dilakukan oleh seorang calon investor adalah mengenali tujuan awal dalam melakukan investasi, serta mempertimbangkan segala jenis risiko finansial yang akan dihadapi. Dengan adanya tujuan dan mempertimbangkan profil risiko secara seksama, maka akan memudahkan investor dalam memilih produk investasi sesuai dengan kebutuhan dan mencapai hasil yang diharapkan dalam investasinya.

  1. Perhatikan aspek legalitas investasi.

Sangat penting untuk memahami bahwa lembaga terkait yang saat ini menjual dan menawarkan produk investasi tersebut telah mendapatkan izin yang sesuai dengan bidang usaha dan produk yang ditawarkan. Jangan terlalu mudah percaya terhadap klaim yang disampaikan oleh lembaga tersebut bahwa telah memiliki izin atau diawasi oleh pihak berwajib, berikan waktu untuk Anda melakukan riset dan pengkajian lebih lanjut untuk memastikan bahwa investasi yang Anda pilih adalah legal. Apabila memperhatikan aspek ini, maka seorang investor akan semakin terhindar dari investasi yang dapat merugikan di masa depan.

  1. Pahami regulatornya.

Melihat dan memahami regulator lembaga pembelian juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan guna melindungi keamanan berinvestasi. Adanya regulator yang menjamin keabsahan lembaga investasi tentunya memberikan peace of mind ekstra dimana investasi yang kita lakukan menjadi lebih aman.

  1. Baca dengan seksama ketentuan yang berkaitan dengan produk.

Seorang calon investor harus memahami secara lengkap mengenai hak dan kewajiban, manfaat, biaya dan risiko yang berkaitan dengan produk investasi tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir risiko yang didapatkan saat melakukan investasi. Dan jangan lupa, jangan sampai tergiur dengan janji keuntungan yang tidak wajar.

Apabila masih merasa ragu mengenai suatu tawaran atau kesempatan investasi, Anda dapat menghubungi masing-masing kontak regulator yang terdiri dari: Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Perdagangan Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Koperasi maupun Kementerian Komunikasi dan Informasi.

“Empat cara diatas dapat dilakukan oleh masyarakat yang hendak melakukan investasi dan tentunya meminimalisir risiko dari pemilihan lembaga praktik investasi ilegal yang nyatanya semakin marak terjadi dan merugikan banyak pihak,” tutup Benny.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com