Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi Bitcoin

Ilustrasi Bitcoin

Yuk Simak!Apa itu BTC Dominance, Pengertian, Cara Menghitung, dan Sejarahnya

Jumat, 8 April 2022 | 13:08 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Salah satu metrik yang sering diperhatikan oleh para trader kripto berpengalaman adalah BTC Dominance. Apa itu BTC Dominance dan bagaimana hubungannya dengan performa Altcoin? Bagaimana cara menggunakan metrik ini untuk melakukan trading?

Pada dasarnya, BTC Dominance adalah ukuran yang menggambarkan rasio antara kapitalisasi pasar bitcoin dan kapitalisasi pasar aset kripto secara keseluruhan. Sebagai aset kripto pertama, selama bertahun-tahun Bitcoin mempertahankan dominasinya dalam kapitalisasi pasar atau market cap aset kripto. Namun, dominasi Bitcoin semakin lama semakin turun menyusul ditemukannya koin-koin baru, terutama dengan meningkatnya popularitas Ethereum dan standar token ERC-20.

Baca juga: Bitcoin Pagi Ini Masih Stagnan, Altcoin Mampu Bangkit

Dilansir dari Pintu Academy, Jumat (08/04/2022), cara menghitung BTC Dominance pun sangat mudah, yang mana kamu hanya perlu membagi nilai total kapitalisasi pasar Bitcoin dengan total kapitalisasi pasar dari seluruh aset kripto

Sebagai contohnya, jika total kapitalisasi pasar dari seluruh aset crypto adalah $100 miliar dan total kapitalisasi pasar Bitcoin adalah $60 miliar, maka nilai dari BTC Dominance adalah sebesar 60%. 

Adapun, BTC Dominance mulai mengalami perubahan yang cukup signifikan di tahun 2017, ketika musim altcoin pertama dimulai. Di bulan Februari pada tahun tersebut, nilai BTC Dominance merosot hingga 85,4%, yang mana 5,7% total kapitalisasi pasar aset kripto diisi oleh ETH.

Setelahnya dalam waktu 4 bulan saja, BTC Dominance merosot tajam hingga ke angka 40%, dengan likuiditas bergerak ke arah token ERC-20.

Baca juga: Ini Daftar Perusahaan yang Terima BTC

Ketika itu, beberapa pegiat Ethereum mulai banyak membicarakan tentang “Flippening”, yaitu dugaan bahwa suatu saat nanti nilai kapitalisasi pasar Ethereum akan mengungguli Bitcoin. Hal yang belum terjadi hingga saat ini.

Sementara itu, BTC Dominance atau Bitcoin Dominance adalah salah satu metrik yang dapat digunakan untuk menilai performa altcoin terhadap Bitcoin. Apabila nilai BTC Dominance meningkat, maka nilai aset altcoin secara keseluruhan mengalami penurunan terhadap Bitcoin. Sebaliknya, apabila nilai BTC Dominance menurun, maka nilai aset altcoin secara keseluruhan mengalami peningkatan terhadap Bitcoin.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com