Menu
Sign in
@ Contact
Search
PTPP menargetkan penyelesaian proyek Bendungan Lolak pada Mei 2022

PTPP menargetkan penyelesaian proyek Bendungan Lolak pada Mei 2022

Progress 96%, PTPP Targetkan Proyek Bendungan Lolak Tuntas Mei 2022

Selasa, 19 April 2022 | 10:25 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - PT PP (Persero) Tbk (PTPP), salah satu perusahaan konstruksi dan investasiterkemuka, terbesar, dan terdepan di Indonesia, optimistis menuntaskan proyek pembangunan Bendungan Lolak pada Mei 2022. Hal ini didasarkan progress pembangunan telah mencapai 96% hingga kini.

Bendungan Lolak merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) satu dari 45 proyek bendungan yang dicanangkan pemerintah. Bendungan ini terletak di area pengembangan Kawasan Industri Bolang Mongondow dan diharapkan menjadi penggerak roda perekonomian Provinsi Sulawesi Utara ke depan. Bendungan yang dimiliki Kementerian PUPR ini berlokasi di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow.

Baca juga: Tanda-tanda Kebangkitan PTPP

Sedangkan PTPP bertindak sebagai kontraktor utama dengan pekerjaan terdiri atas dua paket. Paket I yang dikerjakan sendiri oleh PTPP melingkupi pembangunan bendungan tersebut dengan lingkup pekerjaan, yaitu pekerjaan galian, pekerjaan timbunan bendungan utama, pekerjaan temporary cofferdam, pekerjaan timbunan main cofferdam, dan pekerjaan instrumentasi.

Kerja Sama Operasi (KSO) perseroan dengan ASHFRI juga mendapatkan pekerjaan paket II meliputi pekerjaan timbunan bendungan utama, pekerjaan bangunan pengelak, pekerjaan bangunan pelimpah, pekerjaan bangunan intake, pekerjaan perkuatan tumpuan kiri, pekerjaan saddle dam I dan II, pekerjaan relokasi jalan dan jembatan provinsi, serta pekerjaan hidromekanikal.

Bendungan Lolak ditargetkan memberikan banyak manfaat bagi daerah, seperti penyediaan air irigasi untuk daerah seluas 2.214 hektare dan menjadi sumber penyediaan air baku 500 liter per detik (lpd). Bendungan Lolak juga akan berfungsi sebagai pembangkit listrik dari air keluaran (outflow) waduk dengan potensi listrik sebesar 2.43 MW, pengendali banjir dengan prediksi mereduksi debit banjir sebesar 12%. Bendungan ini juga akan menjadi destinasi wisata baru di daerah Bollang Mondow.

Sekretaris Perusahaan PTPP Yuyus Juarsa mengatakan, dengan kondisi geografi wilayah dan geoteknik lahan yang menantang ini, PTPP dituntut harus bekerja keras dalam melakukan pekerjaannya. Kondisi lahan yang beragam di lokasi yang akan dibangun juga menuntut perseroan untuk mengedepankan keahliannya dalam mengerjakan konstruksi proyek bendungan tersebut.

Perusahaan berharap agar setiap langkah dan karya yang dihasilkan perusahaan bersama dengan insan PTPP dapat bermanfaat dan memberikan kebaikan bagi masyarakat luas, sejalan dengan visi Pemerintah Indonesia, yakni untuk mewujudkan Indonesia Maju.

“Kami yakin proyek Pembangunan Bendungan Lolak ini dapat dituntaskan sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Kementerian PUPR. Sampai dengan pekan pertama April 2022, progress Bendungan Lolak telah mencapai 96% dan ditargetkan tuntas Mei 2022,” ujarnya melalui siaran pers diterima Investor Daily di Jakarta, Selasa (19/4).

Baca juga: PTPP Tuntaskan Pembangunan Bendungan Pidekso Lebih Cepat 12 Bulan dari Target

Kehadiran bendungan dengan tipe zonal inti tegak dengan daya tampung hingga 6,1 juta per meter kubik ini, menurut dia, bakal memberikan banyak manfaat bagi Provinsi Sulawesi Utara. Semua pembangunan fasilitas Bendungan Lolak tersebut sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan loyalitas tanpa batas dalam membangun negeri ini.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com