Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) atau produsen roti merek Sari Roti. Foto: Perseroan

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) atau produsen roti merek Sari Roti. Foto: Perseroan

Produsen Sari Roti (ROTI) Rambah Bisnis Olesan dan Susu Cokelat, Kinerja Tambah Manis?

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:32 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Emiten produsen Sari Roti, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) merambah bisnis olesan cokelat dan susu cokelat. Ekspansi ini diproyeksikan bakal berkontribusi sebesar 6% terhadap total penjualan.

"Proyeksi internal kami memperlihatkan bahwa pada 2024, kontribusi bisnis olesan cokelat dan susu cokelat dapat mencapai sekitar 6% terhadap penjualan dan sekitar 3% terhadap laba kotor,” kata Direktur ROTI Ida Apulia dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Ida menjelaskan bahwa ekspansi perseroan di usaha olesan cokelat dan susu cokelat ini merupakan bagian dari komitmen ROTI untuk meraih pertumbuhan yang berkelanjutan (sustainable growth).

Baca juga: Lagi, Sari Roti (ROTI) Buyback Saham Rp 227 miliar

Selain itu juga didorong oleh pengamatan perseroan atas produk-produk unggulan Sari Roti khususnya varian rasa cokelat yang sekian lama telah melekat di hati konsumen dan permintaannya terus meningkat.

Atas dasar itu, manajemen pun berinisiatif untuk mengembangkan beberapa produk komplementer didukung analisa bisnis komprehensif sampai menunjuk Kantor Jasa Penilai Publik untuk menuntaskan Laporan studi kelayakan.

Lebih lanjut, tutur Ida, ROTI juga telah menyelesaikan kajian keuangan untuk memastikan penggunaan modal yang efisien di kedua bisnis ini. Soalnya, bisnis olesan cokelat nantinya berbagi dengan fasilitas produksi isian cokelat (bread choco filler) yang juga akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan internal.

Sedangkan produksi susu cokelat sepenuhnya bakal dijalankan pihak ketiga, sehingga tidak membutuhkan belanja modal yang besar. "Untuk menjalankan bisnis olesan cokelat dan susu cokelat selama tiga tahun ke depan diperlukan sekitar 1% dari ekuitas perseroan per 31 Desember 2021,” ungkapnya.

Baca juga: Perusahaan Patungan M Cash (MCAS) dan SiCepat Investasi ke Lenna.ai

Ida optimistis, ekspansi perseroan di bisnis olesan cokelat dan susu cokelat ini akan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan.

Direktur ROTI Arlina Sofia menambahkan, untuk merealisasikan ekspansi tersebut, perseroan bakal meminta persetujuan para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS) pada 27 Juni 2022. “Pemenuhan peraturan terkait pelaksanaan rapat telah kami penuhi, termasuk keterbukaan Informasi dan laporan ringkas studi kelayakan oleh KJPP,” pungkas Arlina.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN