Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). (Foto: Perseroan)

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). (Foto: Perseroan)

Harga Melesat 11%, Market Cap GOTO Salip Bank Mandiri (BMRI)

Kamis, 2 Juni 2022 | 11:55 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Kapitalisasi pasar (market cap) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melesat menjadi Rp 400,32 triliun setelah harga sahamnya ditutup naik Rp 36 (11,84%) menjadi Rp 340 pada penutupan perdagangan saham sesi I Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (2/6).

Saat ini, GOTO menjadi emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat meyalip PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) senilai Rp 378 triliun. Sedangkan emiten dengan market cap teratas masih diduduki PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Baca juga: Lima Saham Ini Melesat di Atas 11%, Termasuk GOTO

Dengan penguatan harga tersebut, kini saham GOTO melampaui harga penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham Rp 338. Sepanjang sesi I, saham GOTO begerak dalam rentang 304-346 per saham.

Hingga sesi I, GOTO tercatat tercatat sebagai dengan volume transaksi terbanyak (top volume) dan nilai transaksi teratas (top value). Volume transaksi saham GOTO mencapai 4,17 miliar saham dengan nilai transaksi tembus Rp 1,4 triliun. Saham GOTO juga mencatatkan pembelian bersih (net buy) oleh investor asing Rp 1,67 miliar.

Sementara itu, GOTO juga berhasil masuk ke dalam tiga indeks saham via jalur cepat (fast entry) oleh BEI. GOTO masuk ke dalam jajaran IDX30, LQ45, dan IDX80. GOTO menyingkirkan posisi saham PT Waskita Karya Tbk (WSKT) di IDX30 dan Indeks LQ45. Sedangkan di IDX80, GOTO menggeser posisi saham PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI).

Sementara itu, analis Mandiri Sekuritas Ryan Aristo Naro, Kresna Hutabarat, dan Eimi Setiawan dalam risetnya memberikan pandangan positif terhadap pencapaian kinerja keuangan GOTO pada kuartal I-2022. Hal ini terlihat dari kinerja seluruh segmen bisnis perseroan, seperti on demand services, e-commerce, dan fintech services.

Mandiri Sekuritas menyebutkan bahwa raihan GTV GOTO senilai Rp 139,99 triliun pada kuartal I-2022 setara dengna 22,5% dari target yang ditetapkan. Sedangkan pencapaian pendapatan kotor sebanyak Rp 5,23 triliun telah merefleksikan 22,3% dari perkiraan Mandiri Sekuritas.

Baca juga: Pasar Apresiasi Kinerja GOTO, Saham Balik ke Harga IPO

Mandiri Sekuritas juga memberikan pandapatan positif atas keberhasilan perseroan dalam mencetak gross take rate sebesar 3,7%. Berdasarkan pencapaian tersebut, GOTO berada pada jalur yang dipercepat untuk menunju profitabilitas yang berkelanjutan. Hal ini seiring dengan prioritas utama perseroan untuk mengejar pertumbuhan.

Berbagai faktor tersebut mendorong Mandiri Sekuritas untuk mempertahankan rekomendasi saham GOTO dengan target harga Rp 440.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com