Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Foto: Perseroan.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Foto: Perseroan.

Kinerja Bank Lanjutkan Penguatan, Begini Pandangan Analis Terkait Prospek Sahamnya

Jumat, 3 Juni 2022 | 08:21 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Emiten perbankan konvensional menunjukkan tren perbaikan dengan pengelolaan risiko yang terus menunjukkan perbaikan. Hal ini mendorong Trimegah Sekuritas untuk mempertahankan rekomendasi overweight saham bank.

Tidak hanya itu, analis Trimegah Sekuritas Ahmad Alfanrigel dan Prasetya Gunadi mengungkapkan, seluruh bank yang diriset Trimegah Sekuritas menunjukkan performa kinerja keuangan yang terus membaik hingga April 2022. Total laba bersih bertumbuh 56,3% menjadi Rp 44,9 triliun. Sedangkan pertumbuhan laba terpesat dicetak PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) sebesar 78,1%, lalu diikuti PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) sebesar 72,7%.

Baca juga: Bank Mandiri (BMRI) Berikan Apresiasi Dana Pembinaan untuk Timnas Basket

Trimegah menyebutkan bahwa lonjakan laba bersih tersebut didukung berbagai faktor, seperti pertumbuhan kredit yang pesat untuk empat bank besar dan penurunan provisi. “Tidak hanya itu sektor bank juga masih menunjukkan likuiditas kuat dengan rata-rata LDR mencapai 80,6% yang mengindikasikan masih memiliki potensi untuk pertumbuhan lebih lanjut,” tulisnya dalam riset terbaru.

Didukung kinerja yang kuat sektor perbankan konvensional, proyeksi rata-rata pertumbuhan laba bersih bank konvensional direvisi naik sekitar 4,5% pada 2022 dan direvisi naik sekitar 6,9% pada 2023. “Kami memprediksi pertumbuhan pesat laba bersih sektor bank berlanjut hingga beberapa bulan mendatang,” terangnya.

Terkait kenaikan inflasi, menurut dia, hanya berimbas kecil terhadap sektor perbankan, apalagi setelah pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga jual bahan bakar minyak untuk menjaga inflasi. Dengan aksi pemerintah tersebut, target inflasi diprediksi sesuai dengan target yang telah ditetapkan Bank Indonesia (BI).

Baca juga: Digitalisasi Perbankan Tuntut Performa Tinggi Komputasi

Berbagai faktor tersebut mendorong Trimegah Sekuritas untuk mempertahankan rekomendasi overweight saham sektor bank. Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) direkomendasikan beli dengan target harga Rp 8.800, saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) direkomendasikan beli dengan target harga Rp 6.000.

Trimegah Sekuritas juga merekomendasikan beli saham BMRI dengan target harga Rp 10.400, merekomendasikan hold saham BBNI dengan target harga Rp 9.300, serta merekomendasikan beli saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) dengan target harga Rp 2.200.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com