Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Bibit.id. (Foto: Ist)

Ilustrasi Bibit.id. (Foto: Ist)

Ekonomi Berangsur Pulih, Bibit Sarankan Lima Hal Ini agar Tetap Sehat secara Finansial

Senin, 27 Juni 2022 | 17:24 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Seiring dengan peningkatan mobilitas masyarakat karena kasus Covid-19 yang mulai terkendali, perekonomian Indonesia di tahun 2022 diprediksi akan membaik.

Selain karena konsumsi masyarakat yang meningkat, faktor-faktor seperti menggeliatnya lagi industri pariwisata serta tidak dinaikkannya tarif listrik untuk industri dan bisnis turut menjaga momentum pemulihan ekonomi.

Advertisement

Baca juga: Protech Mitra (OASA) Ganti Nama dan Tunjuk Cinta Laura Jadi Komisaris

Menyikapi hal ini, Bibit.id, aplikasi investasi reksa dana dan surat berharga negara (SBN) untuk pemula, mengajak masyarakat untuk cerdas berinvestasi dalam rangka mencapai tujuan keuangan mereka yang beragam.

Menurut William, PR & Corporate Communication Lead Bibit.id, beberapa bulan terakhir menunjukkan animo masyarakat yang meningkat terhadap hal-hal yang sifatnya konsumtif seperti liburan dan membeli barang-barang impian.

“Momentum Hari Raya Idul Fitri dan liburan sekolah anak-anak yang datang berdekatan mendorong konsumsi di tengah masyarakat. Diizinkannya mudik Lebaran oleh pemerintah serta pelonggaran syarat perjalanan wisata menghadirkan kesenangan tersendiri di tengah masyarakat. Kendati demikian, kami mengajak masyarakat untuk senantiasa bijaksana dalam mengambil berbagai keputusan yang terkait dengan keuangan mereka,” kata William dalam keterangan resmi, Senin (27/6/2022).

William menambahkan, terdapat sedikitnya lima hal yang perlu menjadi perhatian masyarakat agar mereka tetap sehat secara finansial. Pertama, menghindari yang namanya besar pasak daripada tiang. Artinya, masyarakat diimbau untuk tidak membelanjakan uang yang lebih besar daripada yang mereka hasilkan atau miliki.

Kedua, mengetahui bagaimana cara berinvestasi dengan benar.

“Di Bibit, kami selalu mengajak seluruh pengguna untuk berinvestasi sesuai dengan profil risiko, kondisi keuangan, dan tujuan keuangan yang hendak mereka capai. Fitur Robo Advisor dapat dimanfaatkan secara gratis untuk membantu pengguna mengetahui profil risiko mereka serta menyeimbangkan risiko dengan tujuan keuangan yang ingin mereka capai,” kata William.

Bibit juga dilengkapi dengan fitur Goal Setting yang membuat investasi lebih terarah dalam rangka mencapai tujuan keuangan. Misalnya, untuk teman-teman yang berniat membeli apartemen seharga Rp 350 juta dalam waktu lima tahun ke depan, fitur Goal Setting Bibit dapat menghitungkan berapa jumlah uang yang perlu teman-teman investasikan setiap bulannya.

Ketiga, memahami bahwa konsistensi merupakan kunci utama dalam mencapai tujuan keuangan. Terkait hal ini, Bibit memiliki fitur Nabung Rutin (autodebet) yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang telah menggunakan Bank Jago dan GoPay sehingga mereka bisa berinvestasi secara konsisten dan bebas lupa.

Filosofi di balik fitur Nabung Rutin adalah metode dollar cost averaging (DCA). DCA adalah sebuah metode sederhana di mana pengguna menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap bulan ataupun setiap minggu. Strategi ini akan membantu pengguna disiplin untuk membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih sedikit pada waktu harga naik. Tanpa harus peduli pada kondisi ekonomi. Tanpa peduli harga sedang naik atau turun. Metode ini juga dianjurkan oleh guru investasi seperti Warren Buffett.

Keempat, apabila kita termasuk kategori investor pemula yang memiliki pengetahuan terbatas mengenai seluk-beluk investasi, berinvestasilah di instrumen investasi yang dikelola oleh para profesional. Sebagai contoh, investasi reksa dana sangatlah sederhana dan disarankan untuk investor pemula karena dengan berinvestasi reksa dana, artinya kita mempercayakan uang kita dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Sebagai informasi, di Bibit para manajer investasi telah diseleksi dengan ketat berdasarkan legalitas, rekam jejak, dan kemampuan memberikan hasil investasi yang optimal.

Terakhir, memastikan bahwa platform yang membantu masyarakat dalam berinvestasi haruslah platform yang sudah berizin dan diawasi oleh regulator di sektor jasa keuangan. Terkait hal ini, Bibit adalah aplikasi investasi yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan demikian, masyarakat dapat berinvestasi dengan tenang tanpa khawatir akan terjerat investasi bodong yang jelas-jelas merugikan. Selain itu, Bibit pun telah mendapatkan pengakuan sebagai salah satu aplikasi investasi terbaik Tanah Air, yang dibuktikan dengan raihan penghargaan The Best Fintech Company dalam CNBC Indonesia Awards 2021 dan penghargaan Indonesia WOW Brand 2022 dari MarkPlus Inc untuk kategori aplikasi investasi.

Baca juga: Mahaka Media (ABBA) Lakukan Rebranding Jadi Mahaka X

“Apa yang kami lakukan adalah semata-mata untuk menegaskan bahwa siapapun, terlepas dari latar belakang sosial dan ekonomi apapun, berhak atas masa depan keuangan yang lebih baik melalui cara-cara investasi yang benar di pasar modal. Dalam hal penggunaan aplikasi, Bibit juga selalu mengedepankan kemudahan dan keamanan dalam setiap fitur yang kami hadirkan,” tutup William.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN