Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Paparan publik PT Sekar Bumi Tbk (SKBM), Selasa (28/6/2022).

Paparan publik PT Sekar Bumi Tbk (SKBM), Selasa (28/6/2022).

Jualan Frozen Seafood Laris, Kinerja Sekar Bumi (SKBM) Naik Tajam

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:11 WIB
Ghafur Fadillah (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Emiten produsen makanan beku spesialisasi produk udang, ikan, dan makanan olahan beku lainnya, PT Sekar Bumi Tbk (SKBM) berhasil membukukan kinerja positif dengan membukukan penjualan sebesar Rp 1,13 triliun pada kuartal I-2022 atau naik 32% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Presiden Direktur Sekar Bumi Harry Lukmito mengatakan, pertumbuhan ini sejalan dengan meningkatnya permintaan dalam negeri, seiring daya beli yang kuat dan kondisi bisnis yang mulai membaik. “Untuk prospek bisnis ke depan, manajemen masih optimis karena kami bergerak di industri makanan, meskipun di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu,” kata dia dalam paparan publik, Selasa (28/6/2022).

Advertisement

Meningkatnya permintaan tersebut ditandai dengan kenaikan penjualan frozen seafood dan processed food yang naik signifikan. Penjualan frozen seafood naik 32% secara kuartalan menjadi Rp 1,1 triliun, sedangkan penjualan processed food naik 48% secara kuartalan menjadi Rp 27,41 miliar.

Baca juga: Jadi Pemasok Walmart Dkk, Penjualan Sekar Bumi (SKBM) Melambung 21%

Kenaikan penjualan Sekar Bumi otomatis mendorong laba bersih setelah pajak meningkat 169,4% secara kuartalan dari Rp 10,81 miliar menjadi Rp 29,14 miliar, serta laba per saham naik menjadi Rp 15,74 dari Rp 5,83.

“Dengan kinerja kami yang semakin membaik, mendorong perseroan memutuskan untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp 6,05 miliar atau Rp 3,5 per saham,” ujarnya.

Pembagian dividen itu sesuai dengan hasil RUPST. Adapun dividen ini lebih tinggi daripada tahun lalu, dimana perseroan membagikan total dividen Rp 2,07 miliar atau Rp 1,2 per saham.

Direktur Sekar Bumi Howard Ken Lukmito menambahkan, kenaikan penjualan pada kuartal I-2022 didukung oleh penjualan ekspor udang yang meningkat ditambah kenaikan pasar domestik seiring peluncuran Jagoan Dumpling, salah satu produk makanan olahan dimsum yang menjadi andalan perusahaan.

Mengenai dampak dari kenaikan harga bahan pangan global karena inflasi yang terjadi cukup signifikan, Howard menjelaskan hal itu tidak berpengaruh mengingat bahan utama Sekar Bumi berasal dari perikanan dalam negeri. “Jadi, kami masih bisa menjaga pasokan suplai secara rutin. Meskipun ada kenaikan harga, namun tidak terlalu signifikan kecuali barang-barang yang memang ada komponen importnya seperti tepung terigu,” kata dia.

Untuk mengatasi hal itu, emiten dengan kode saham SKBM ini tetap berupaya memberikan harga yang terjangkau dengan memperkecil kemasan. Selain itu, perseroan juga mencari bahan-bahan baku yang bisa menjadi substitusi. Belajar dari kondisi pandemi, perseroan akan lebih adaptif dan fleksibel untuk bertahan dalam kondisi yang sulit.

Adapun dalam laporan keuangan per 31 Desember 2021, SKBM mencatatkan kenaikan penjualan yang signifikan, bahkan dibandingkan dengan lima tahun terakhir. Peningkatan penjualan SKBM lebih dari dua kali lipat, yaitu pada tahun 2017 sebesar Rp 1,8 triliun menjadi Rp 3,85 triliun pada tahun 2021.

Baca juga: Mayora Indah (MYOR) Incar Pertumbuhan Penjualan 10% di Tahun Ini

Makanan beku hasil laut bernilai tambah (frozen value-added seafood) menjadi kontributor terbesar dalam peningkatan tersebut. Kenaikan penjualan tersebut meningkatkan laba bersih setelah pajak sebesar 448,5% dari Rp 5,4 miliar pada tahun lalu menjadi Rp 29,7 miliar pada tahun ini.

Harry juga mengatakan, kinerja yang semakin baik ini juga didukung pembangunan pabrik-pabrik pengolahan udang baik di Tangerang maupun Sidoarjo. Selain itu, SKBM juga menerima persetujuan sebagai approved-supplier supermarket (retailer) besar di Amerika Serikat seperti Walmart, Costco, Kroger, Ahold, Publix, Aldi, Woolworths, dan sebagainya.

Perseroan juga mengantongi sertifikat internasional yang diakui seperti Best Aquaculture Practice 4-Star, yaitu integrasi dari benur udang, pakan udang, tambak udang, dan pabrik udang. Ditambah dengan traceability system yang mampu menunjang keunggulan perusahaan.

“Kami terus menggenjot pasar domestik dan mempertahankan kekuatan kami di pasar ekspor, ditambah upaya kami dalam menghadirkan inovasi produk perikanan," ujarnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN