Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), pemilik jaringan Mitra10 dan Atria, meresmikan superstore Mitra10 ke-44 di Pondok Bambu, Jakarta Timur.

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), pemilik jaringan Mitra10 dan Atria, meresmikan superstore Mitra10 ke-44 di Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Catur Sentosa (CSAP) Terus Kembangkan Mitra10

Selasa, 28 Juni 2022 | 21:37 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), pemilik jaringan Mitra10 dan Atria, meresmikan superstore Mitra10 ke-44 di Pondok Bambu, Jakarta Timur. Mitra10 Pondok Bambu menempati lahan seluas 7.800 m2 dengan luas bangunan >5.500 m2, termasuk selling area seluas 3.883 m2 dan kawasan pergudangan seluas 1.100m2.

Superstore ini merupakan ekspansi toko baru ke-3 yang diresmikan tahun ini dari target 4 toko baru dan 1 remodeling toko. Pemilihan lokasi ini untuk memperkuat pasar Mitra10 di kawasan timur Jakarta yang sebelumnya telah ada di Kalimalang dan Kota Harapan Indah.

Advertisement

Pemilihan kawasan timur Jakarta ini juga tidak lepas dari potensi pengembangan properti. Banyaknya kawasan hunian di daerah sekitar dipandang tepat. Sebab Mitra10 menyasar pemilik hunian/properti sebagai target pasar.

Baca juga: Catur Sentosa (CSAP) Pacu Ekspansi Sektor Ritel Modern

Mitra10 Pondok Bambu yang memperkerjakan 78 karyawan internal akan menawarkan setidaknya SKU yang terbagi dalam 13 kategori yang terdiri dari cat dan variannya, procelein/keramik untuk lantai, dinding, kamar mandi dan dapur, pintu dan jendela, pipa/plumbing, material bangunan, listrik, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware) hingga perlengkapan rumah tangga (home appliances).

SKU tersebut dipasok oleh +600 produsen yang 80% di antaranya merupakan produsen barang lokal/dalam negeri. Sehingga keberadaan Mitra10 turut berdampak positif pada pertumbuhan bisnis lokal anak bangsa.

Erick Koswara, GM Marketing Communication Mitra10, menjelaskan bahwa pembukaan toko Mitra10 di berbagai kota di Indonesia merupakan komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa untuk hadir lebih dekat, sekaligus menjadi mitra masyarakat dalam merenovasi atau membangun rumah. “Dengan dibukanya Mitra10 di Pondok Bambu untuk merelokasi Mitra10 di Pekayon, saat ini total yang kami miliki menjadi 44 toko di 25 kota di Indonesia. Harapannya, Mitra10 di Pondok Bambu dapat menjadi destinasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah,” kata dia dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Andy Totong, direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk menambahkan, berawal dari toko Mitra10 yang mengawali debutnya tahun 1997 dengan membuka toko pertama di Kalimalang sebagai pionir ritel modern bahan bangunan di Indonesia, kini perseroan akan memiliki 45 superstore Mitra10. Jika dihitung sejak 2009, secara bisnis Mitra10 telah tumbuh sebesar 7,2 kali dan memiliki area penjualan seluas 147.455m2, serta menawarkan lebih dari 65.000 SKU secara nasional.

Mitra10 tumbuh menjadi jaringan ritel modern bahan bangunan dan home improvement terbesar di Indonesia. Setelah pembukaan Mitra10 di Pekanbaru, Cibinong, dan Pondok Bambu, Perseroan masih akan menambahkan 1 toko baru pada kuartal ke-4 tahun ini.

Sementara itu, hingga kuartal I-2022, pendapatan secara konsolidasi CSAP tumbuh 12% menjadi Rp 3,93 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 3,51 triliun. Bahkan segmen ritel pada kuartal I-2022 tumbuh sebesar 16%. Segmen ini merupakan motor pertumbuhan bagi perseroan karena mampu tumbuh konsisten dua digit dan memiliki margin yang lebih besar ketimbang segmen distribusi.

Baca juga: Incar Penjualan Rp 15 Triliun, Simak Strategi Catur Sentosa (CSAP)

Saat ini, kontribusi segmen ritel tercatat 37% dari pendapatan konsolidasi. Adapun segmen distribusi berkontribusi 63%. Kontribusi segmen ritel modern secara bertahap terus meningkat dari kisaran 20% pada tahun 2009 dan hingga kini mencapai 37%.

Solidnya kinerja pendapatan membuat bottom line CSAP turut membukukan pencapaian positif. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham pengendali tumbuh 25% menjadi Rp 79 miliar dibandingkan posisi yang sama tahun 2021 yakni Rp 63 miliar. Peningkatan tersebut setara pertumbuhan net margin dari 1,81% menjadi 2,02% pada tahun 2022.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN