Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT). (Foto: Perseroan)

PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT). (Foto: Perseroan)

Emiten Semen Martua Sitorus (CMNT) Konversi Piutang Jadi Saham di Cemindo Investments Rp 1,1 T

Selasa, 5 Juli 2022 | 10:19 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Perusahaan produsen semen dengan merek Semen Merah Putih, PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) melakukan konversi piutang menjadi saham di Cemindo Investments Pte Ltd (CI). Adapun Cemindo adalah pemilik 100% saham dalam CI.

Dalam keterbukaan informasi, dikutip Selasa (5/7/2022), disebutkan bahwa sesuai dengan ketentuan perjanjian pembelian saham dan dokumen-dokumen  terkait lainnya, CMNT sebagai bondholder telah menandatangani dan menyerahkan conversion notice tanggal 30 Juni 2022 kepada CI.

Advertisement

Baca juga: Ini Strategi Jitu Telkom (TLKM) Dongkrak Laba, Sahamnya Bisa Naik Kencang?

Berdasarkan conversion notice, oerseroan akan mengkonversikan piutang perseroan kepada CI menjadi saham-saham baru yang akan diterbitkan oleh CI, yaitu atas seluruh jumlah pokok piutang sebesar US$ 78 juta dengan harga konversi sebesar US$ 1 per saham sehingga CI akan menerbitkan 78 juta saham baru yang dicatatkan atas nama perseroan. Setelah konversi saham dan/atau penerbitan saham-saham baru CI tersebut berlaku efektif berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Republik Singapura, perseroan akan memiliki 78.000.001 saham yang merupakan 100% saham yang diterbitkan oleh CI.

Nilai transaksi sejumlah US$ 78 juta setara dengan Rp 1,13 triliun berdasarkan nilai tukar mata uang asing pada tanggal 31 Mei 2022 (US$ 1=Rp 14.544).

Alasan dan pertimbangan dilakukannya transaksi adalah untuk restrukturisasi internal guna memperkuat struktur permodalan dari CI sebagai entitas anak perseroan. Pelaksanaan transaksi dilakukan dengan pencatatan pada laporan keuangan masing-masing pihak tanpa adanya aliran dana dari CMNT ke CI. Setelah pelaksanaan transaksi, pencatatan nilai piutang berelasi lain-lain dari CI, pada laporan keuangan konsolidasian perseroan, akan direklasifikasi menjadi investasi saham.

Perseroan juga menekankan bahwa, seperti yang telah diungkapkan dalam keterbukaan informasinya dan sesuai dengan sifat atau bentuk dari transaksi, transaksi ini adalah merupakan pelaksanaan dari perjanjian yang telah ada sebelumnya di antara kedua belah pihak, yaitu perjanjian pembelian saham dan karenanya tidak dapat dibandingkan dengan transaksi lain yang sejenis dengan pihak yang tidak terafiliasi.

Perjanjian yang menjadi dasar pelaksanaan transaksi telah diungkapkan oleh perseroan dalam prospektus penawaran umum perdana saham perseroan tertanggal 1 September 2021, yaitu perjanjian pembelian saham tanggal 30 Desember 2020 di mana perseroan membeli saham CI dari WH Investments Pte Ltd dan pengalihan piutang dengan jumlah pokok sebesar US$ 78 juta dari WH Investments Pte Ltd kepada perseroan.

Adapun pemegang saham CMNT sendiri saat ini adalah WH Investments Pte Ltd 87,37%, PT Gama Group 2,21%, dan pemegang saham lain di bawah 5% sebanyak 10,42%.

Baca juga: BSI (BRIS) Kian Fokus Garap Pusat Keuangan Syariah di Dubai

Untuk diketahui, dari prospektus IPO CMNT pada tahun lalu, diungkapkan bahwa WH Investments dimiliki oleh Martua Sitorus melalui beberapa entitas. Selain itu, ada nama Mutiara dan Darwin Indigo sebagai pemilik saham WH Investments.

Sementara itu, PT Gama Group dimiliki oleh Andy Indigo 50% dan anak Martua Sitorus, yakni Jacqueline Sitorus juga 50%. Jacqueline Sitoris sendiri ialah presiden komisaris Cemindo Gemilang dan direktur di CI.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN