Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pengunjung melihat pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta.  Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pengunjung melihat pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

BEI dan CDP Dorong Korporasi Lakukan Pelaporan Lingkungan

Selasa, 5 Juli 2022 | 13:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) dan CDP, organisasi nirlaba internasional yang menjalankan sistem pelaporan lingkungan global, menandatangani Nota Kesepahaman untuk menstimulasi pelaporan yang sejalan dengan Taskforce on Climate-related Financial Disclosures (TCFD) di Indonesia. Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Inarno Djajadi mewakili BEI dan John Leung mewakili CDP di Jakarta, pada 15 Juni 2022.

John Leung, Direktur Asia Tenggara dan Oseania dari CDP, mengatakan, pihaknya sangat senang bisa bekerjasama dengan BEI melalui kolaborasi penting ini. Pihaknya percaya bahwa mendukung lebih banyak perusahaan dalam melaporkan risiko dan peluang terkait perubahan iklim akan sangat penting dalam mendorong ketahanan ekonomi negara terhadap perubahan iklim. Seperti diketahui Indonesia khususnya dan Asia Pasifik secara lebih luas, telah menyatakan kerentanannya terhadap perubahan iklim. CDP berharap dapat memberikan masukan, keahlian dan data yang telah kami miliki untuk mendukung terlaksananya kerjasama ini.

Advertisement

“Selain itu, kami juga berharap bisa mewujudkan aksi pelestarian lingkungan yang lebih ambisius di wilayah dengan kepemimpinan yang mengesankan dalam komitmennya terhadap prinsip keberlanjutan,” ungkap Leung dalam keterangan pers, Selasa (5/7/2022).

Baca juga: BEI Ingatkan Lagi Potensi Delisting Sugih Energy (SUGI), Bagaimana Nasibnya Sekarang?

BEI dan CDP merupakan pendukung dari Taskforce on Climate-related Financial Disclosures (TCFD), dan kerjasama ini diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk memahami lebih lanjut mengenai manfaat dan pentingnya pelaporan lingkungan. Pelaporan lingkungan menjadi sumber informasi yang akuntabel bagi pengambil keputusan untuk mengambil tindakan lebih lanjut, sekaligus membantu proses pencatatan serta monitoring dari perkembangannya.

Kerjasama ini juga bertujuan untuk mengatasi potensi hambatan yang dihadapi dalam melakukan pelaporan yang komprehensif. Diharapkan peningkatan jumlah dan kualitas pelaporan lingkungan korporasi di Indonesia akan membantu para pemangku kepentingan untuk menggunakan data Environmental Social Governance (ESG) dalam pengambilan keputusan mereka terkait kegiatan operasional maupun investasi.

Baca juga: BEI Kedatangan Satu Obligasi pada Pekan ini

Direktur Pengembangan BEI untuk periode 2018-2022 Hasan Fawzi mengatakan, kerja sama dengan CDP merupakan bukti keseriusan komitmen BEI dalam praktik ESG, keberlanjutan, dan transparansi. Pelaporan lingkungan merupakan bagian penting dari upaya menciptakan ketahanan pasar modal di Indonesia dan ekonomi secara luas. “Kami menyambut dengan baik kerjasama dengan CDP terkait isu yang penting ini,” ucapnya.

Dalam rangka mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan peningkatan jumlah dan kualitas pelaporan lingkungan korporasi di Indonesia, BEI dan CDP akan bekerja sama untuk menyediakan peningkatan kapasitas untuk Industri Keuangan Non-Bank (IKNB), termasuk manajer investasi, dana pensiun, dan asuransi terkait pengelolaan risiko perubahan iklim dan upaya pencapaian target nol emisi.

Ditambah lagi, meningkatkan visibilitas BEI atas kondisi terkini pelaporan lingkungan di antara emiten di Indonesia dengan menyediakan data perusahaan yang telah melaporkan ke CDP. Terakhir, membangun kapasitas staff BEI untuk melakukan praktik terbaik dalam pengukuran dan pelaporan informasi terkait iklim dalam rangka memfasiltasi pelaporan perubahan iklim perdana yang dilakukan BEI melalui CDP.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN