Menu
Sign in
@ Contact
Search
Direktur Utama BRI, Sunarso.

Direktur Utama BRI, Sunarso.

Saham BBRI Jadi Pilihan Teratas di Sektor Bank

Selasa, 19 Juli 2022 | 19:46 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Sinergi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT Pegadaian diprediksi mulai membuahkan hasil optimal terhitung sejak tahun ini. Sinergi tersebut menjadikan saham BBRI sebagai pilihan teratas untuk saham sektor perbankan.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Handiman Soetoyo membeberkan sejumlah fakta mengapa saham BBRI layak untuk direkomendasikan beli dengan target harga Rp 5.350. Fakta utama didukung sinergi BRI dengan PNM dan Pegadaian yang tentu akan memperkuat jaringan, penjuala produk dalam berbagai platform, dan optimalisasi pendanaan.

Baca juga: Top! BRI (BBRI) Jadi Bank Terbaik di Indonesia Versi The Banker

Pertama, ungkap dia, rekomendasi beli saham BBRI didukung oleh lonjakan laba bersih bisnis bank perseroan mencapai 106,6% hingga Mei 2022. “Peningkatan laba tersebut didukung atas kuatnya pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan pendapatan non bunga bersamaan dengan penurunan biaya provisi,” tulisnya dalam riset.

Saham BBRI juga layak dibeli setelah perseroan memfokuskan penguatan kredit segmen mikro yang menjadi penopang utama kenaikan pendapatan bunga. Sedangkan penyaluran kredit untuk segmen ultra mikro dengan subsidi bunga akan disasar melalui anak usahanya PNM dan Pegadaian. Aksi tersebut tentu akan berimbas terhadap pertumbuhan kredit, peningkatan pendapatan bunga, dan ekspansi margin bunga bersih (NIM).

Tidak hanya itu, ungkap dia, rekomendasi saham BBRI didasarkan atas perkiraan minimnya dampak kenaikan tingkat suku bunga terhadap perseroan, karena fokus perseroan segmen mikro. Sebagaimana diketahui, mikro merupakan segmen kredit yang paling minim terdampak dari kenaikan tingkat bunga. Diproyeksikan pertumbuhan kredit BRI sepanjang tahun ini bisa mencapai 13%.

Baca juga: Pertumbuhan Laba Kuartal II-2022 Diprediksi Lebih Pesat, Begini Prospek Saham BBRI

Saham BBRI juga layak dikoleksi berkat kualitas aset perseroan yang baik. Perseroan jug terus meningkatkan kehati-hatian dengan pencadangan yang besar. Perseroan juga didukung tim manajemen yang kuat.

Mirae Asset Sekuritas memprediksi lonjakan laba bersih perseroan menjadi Rp 52,67 triliun tahun ini dan mencapai Rp 62,21 triliun pada 2023, dibandingkan realisasi tahun 2021 senilai Rp 31,06 triliun. Sedangkan laba operasional sebelum provisi juga diprediksi melesat menjadi Rp 99,12 triliun tahun 2022 dan menjadi Rp 106 triliun pada 2023, dibandingkan tahun 2021 sebanyak Rp 76,96 triliun.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com