Menu
Sign in
@ Contact
Search
Aktivitas pertambangan PT Delta Dunia Makmur Tbk.

Aktivitas pertambangan PT Delta Dunia Makmur Tbk.

Delta Dunia (DOID) Atraktif, Potensi Cuan dari Sahamnya Berlipat-lipat

Minggu, 7 Agustus 2022 | 13:54 WIB
Ely Rahmawati (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) memproyeksikan margin dan kinerja yang lebih baik pada semester II-2022, seiring peningkatan aktivitas proyek di dalam negeri dan Australia. Lonjakan kinerja masih ditopang oleh anak usahanya, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (Buma).

Metrik Delta Dunia pada Mei 2022 menunjukkan, overburden removal (OB) yang sebanyak 41,9 juta bank cubic meter (bcm) dan produksi batu bara 7,2 juta ton lebih rendah dari bulan sebelumnya karena dampak momen Lebaran. Namun pada metrik operasional, anak usaha Delta Dunia, yakni Buma, masih menunjukkan kinerja tahunan yang kuat karena ada peningkatan produksi di Australia, Bayan, dan Adaro Tutupan.

“Karena curah hujan telah berkurang dan peningkatan aktivitas diperkirakan selesai pada kuartal I-2022, kami memperkirakan kemungkinan peningkatan margin pada kuartal II-2022. Kami mempertahankan rekomendasi buy DOID dengan target harga Rp 650,” tulis analis BRI Danareksa Sekuritas Ignatius Teguh Prayoga dalam riset terbaru.

Pada perdagangan Jumat (5/8/2022), DOID ditutup pada harga Rp 364. Dengan mengacu pada target harga Rp 650, itu berarti potensi cuan DOID bisa berlipat-lipat hingga 78,5%.

Baca juga: Emiten Grup Northstar (DOID) Dapat Kontrak Gede dari Bowen Coking Coal di Australia

Menurut Teguh, Delta Dunia berhasil mencetak pertumbuhan tahunan yang kuat dengan sedikit penurunan bulanan. Kinerja year to date Buma masih menunjukkan daya tarik yang kuat, baik dalam overburden removal dan produksi batu bara dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 86% dan 61% (yoy), yang mencakup peningkatan volume tambahan di Bayan, Adaro Tutupan, dan Australia. Namun, produksi Mei 2022 turun 4% (mom) karena musim Lebaran, meskipun masih lebih tinggi secara tahunan (+82% yoy).

Teguh mengungkapkan, karena sebagian besar belanja modal (capital expenditure/capex) untuk mendukung kontrak baru telah terjadi di 2021, belanja modal 2022 diperkirakan normal pada kisaran US$ 150-200 juta atau turun 41-56%. Sebanyak 60% dari belanja modal 2022 dialokasikan untuk mendukung aktivitas pertumbuhan, sisanya 40% untuk belanja modal pemeliharaan.

“Pada tahun sebelumnya, alokasi capex pengganti US$ 60-70 juta tidak terserap karena perusahaan menyesuaikan pengeluaran dengan tingkat produktivitas. Belanja modal ini menurut kami sangat penting untuk mendukung peningkatan aktivitas produksi Buma,” sebut Ignatius.

Perseroan, lanjut dia, mengharapkan margin kuartal II-2022 yang lebih baik. Dengan ekspektasi curah hujan yang lebih rendah, penyelesaian aktivitas yang ditingkatkan di Bayan dan Adaro Tutupan, margin kuartal II-2022 mungkin lebih baik daripada kuartal sebelumnya karena biaya produksi mungkin akan normal.

Selain itu, operasi Australia dapat memberikan dukungan untuk margin yang lebih baik, karena manajemen percaya bahwa hasil yang diperoleh lebih tinggi dibanding hasil operasi domestik.

Baca juga: Laba Bersih Indika (INDY) Terbang to The Moon

Menurut dia, metrik operasional semester I-2022 mungkin sejalan dengan konsensus analis. Dengan overburden removal Mei 2022 mencapai 209 juta bcm, ini merupakan 36,9% dari perkiraan operasional tahunan analis. “Jika kinerja kuat di Mei 2022 terus berlanjut, angka tersebut dapat mencapai 44,7% dari perkiraan kami (565 juta bcm),” jelas Teguh.

Sebab itu, BRI Danareksa Sekuritas memprediksi kinerja DOID bakal sejalan dengan konsensus analis, seiring membaiknya aktivitas pada kuartal I-2022 dan kinerja yang lebih baik dari operasi di Australia. “Saat ini, DOID diperdagangkan pada PE 2022 sebesar 2,1 kali. Kami mempertahankan rekomendasi buy dengan target harga Rp 650, yang menyiratkan estimasi PE 2022 sebesar 4,2 kali,” tuturnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com