Menu
Sign in
@ Contact
Search
Bus listrik PT Bakrie & Brothers Tbk dan BYD Auto. Foto: Bakrie & Brothers

Bus listrik PT Bakrie & Brothers Tbk dan BYD Auto. Foto: Bakrie & Brothers

Auto Reject Atas 5 Hari, Saham Bakrie & Brothers (BNBR) Sudah Pulih?

Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:49 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Saham PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) kembali melesat hingga auto reject atas (ARA) dengan kenaikan Rp 7 (10%) menjadi Rp 77 pada penutupan perdagangan saham sesi I di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (18/8/2022).

Kanaikan tersebut menjadikan saham BNBR memasuki level tertinggi baru dalam empat tahun terakhir atau terhitung sejak 7 Agustus 2018. Berdasarkan data, penguatan harga saham BNBR mulai terjadi sejak 9 Agustus 2022, saham tersebut naik dari level Rp 50 menjadi Rp 52. Kenaikan terus berlanjut hingga mencatatkan ARA maksimal 10% dalam lima hari transaksi di Bursa Efek Jakarta (BEI).

BEI sebelumnya menetapkan ARA saham BNBR maksimal 10% karena dipengaruhi atas pemberian notasi khusus terhadap saham BNBR oleh BEI sejak 31 Mei 2022. Notasi khusus ini berupa efek bersifat ekuitas dalam pemantauan khusus, sehingga besaran kenaikan harga saham BNBR dibatasi.

Baca juga: Disiapkan, IPO Perusahaan Kendaraan Listrik Grup Bakrie

Dengan kenaikan harga saham BNBR ke level Rp 77, maka terhitung sejak akhir tahun lalu, harga saham BNBR telah melesat 54%. Bahkan, kenaikan harga saham BNBR sepanjang Agustus 2022 sudah mencapai 54%.

Mengapa saham BNBR mencatatkan ARA berturut-turut dalam lima hari terakhir? Hingga kini, manajemen Bakrie & Brothers belum menanggapi tarkait kenaikan harga tersebut. Namun, sejumlah inisiatif bisnis sedang dilaksanakan perseroan untuk menopang kinerja ke depan, khususnya pengembangan kendaraan listrik dan energi hijau.

Berdasarkan keterbukaan informasi manajemen beberapa waktu lalu, Bakrie & Brothers tengah memacu bisnis baru untuk menjaga momentum pertumbuhan. Perseroan melalui anak usahanya, PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR), secara khusus menangani pengadaan dan pengembangan proyek bus listrik, bersama PT Transportasi Jakarta (Tranjakarta) dan PT Mayasari Bakti. Secara resmi telah mengoperasikan sebanyak 30 unit bus listrik untuk melayani kebutuhan transportasi sehari-hari di Ibu Kota Jakarta.

Bakrie Autoparts melalui unit bisnisnya VKTR telah meneken nota kesepahaman dengan Britishvolt untuk menggarap proyek nikel sulfat di Indonesia. Bakrie Autoparts adalah anak usaha BNBR, perusahaan investasi yang dikendalikan Grup Bakrie. Bakrie dan Britishvolt telah meneken nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) untuk menggarap proyek ini.

VKTR yang bergerak di bidang manufaktur elektrifikasi transportasi dan ekosistem telematika, kembali melakukan kerja sama strategis dengan institusi pendidikan. Setelah sebelumnya dengan PENS, kini VKTR melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Baca juga: Lama Tak Terdengar, Begini Update Bisnis Sawit Grup Bakrie (UNSP)

Perseroan juga masuk industri energi baru terbarukan, PT Helio Synar – anak usaha PT Bakrie Power yang juga berada di bawah naungan BNBR – tengah melakukan kerja sama dengan PT PLN (Persero) dalam proyek pengadaan dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid di Desa Parak, Bontomanai, Selayar, Sulawesi Selatan.

PLTS Hybrid di Selayar ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 1,3 Megawatt peak, dan segera beroperasi dalam waktu dekat. Pembangkit listrik ramah lingkungan ini akan menjadi sumber listrik tambahan bagi PLTD dengan total kapasitas terpasang 13 MW di Pulau Selayar yang saat ini telah beroperasi, untuk dimanfaatkan oleh 27.892 pelanggan PLN di Kabupaten Selayar.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com