Menu
Sign in
@ Contact
Search
Platform digital Movic. (Sumber: Ist)

Platform digital Movic. (Sumber: Ist)

Anak Usaha ASII, Astra Digital Jual Merek Dagang Aplikasi Movic ke Perusahaan Bentukan Toyota

Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:46 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII), yakni PT Astra Digital Internasional (ADI) menjual merek dagang platform digital Movic dan aset-aset tidak berwujud atas platform digital tersebut kepada PT Mobilitas Digital Indonesia (MDI).

Tanggal transaksinya terjadi pada 29 Juli 2022 dengan nilai Rp 58 miliar.

“Obyek transaksi adalah merek dagang platform digital Movic dan aset-aset tidak berwujud atas platform digital tersebut, termasuk aset yang dihasilkan dari atau yang dengan cara lain diciptakan berdasarkan atau untuk keperluan platform digital tersebut,” terang keterbukaan informasi ASII dikutip Rabu (3/8/2022).

Baca juga: GOTO Umumkan Transaksi Afiliasi Terbaru, Ada Kaitannya dengan TBS Energi (TOBA)

Dijelaskan oleh manajemen ASII dalam keterbukaan informasi itu, bahwa 99,99995% saham ADI dipegang oleh Astra International. Sedangkan, sisa 0,00005% digenggam oleh PT Arya Kharisma, yang merupakan anak usaha ASII.

Sementara itu, MDI merupakan suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta Timur dan berdasarkan anggaran dasarnya dapat melakukan kegiatan usaha di bidang angkutan sewa, angkutan sewa khusus, angkutan bermotor untuk barang umum, angkutan bermotor untuk barang khusus, aktivitas penyewaan dan sewa guna usaha tanpa hak opsi mobil, bus, truk dan sejenisnya, portal web dan/atau platform digital dengan tujuan komersial, penerbitan piranti lunak (software), aktivitas pengembangan aplikasi perdagangan melalui internet (e-commerce), dan aktivitas pemrograman komputer lainnya.

MDI didirikan berdasarkan dan Anggaran Dasar MDI dimuat dalam Akta Pendirian Nomor 105 tanggal 25 Juli 2022.

50% saham MDI digenggam oleh PT Arya Kharisma, dan 50% saham lainnya dikuasai oleh Toyota Motor Asia Pacific Pte Ltd.

“ADI terafiliasi dengan perseroan karena ADI merupakan perusahaan terkendali perseroan, yang lebih dari 99% sahamnya dimiliki secara langsung/tidak langsung oleh perseroan,” terang manajemen Astra International.

“MDI terafiliasi dengan perseroan karena Bapak Gidion Hasan saat ini menjabat sebagai direktur perseroan dan wakil presiden komisaris MDI,” lanjut manajemen Astra dalam keterbukaan informasi.

Baca juga: Segar Kumala (BUAH) Tetapkan Harga IPO Rp 388

Lebih jauh, manajemen Astra memaparkan bahwa transaksi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan perseroan untuk pengembangan bisnis MDI dalam menyediakan solusi mobilitas pelanggan di Indonesia. Perkembangan bisnis MDI nantinya akan memberikan nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham tidak langsung dari MDI.

Movic adalah aplikasi yang memberikan kemudahan untuk menyewa mobil, baik sewa mobil dengan pengemudi, sewa mobil lepas kunci, hingga pulang/pergi bandara.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com