Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin. (ist)

Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin. (ist)

BEKS Gaet Amazon untuk Jadi Bank Digital 

Kamis, 15 Juli 2021 | 16:03 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS) atau Bank Banten segera merealisasikan layanan bank digital, seiring rencana penandatanganan kerja sama dengan Amazone Web Services (AWS) untuk menyokong transformasi Bank Banten menjadi bank digital.

Pada Juli 2021, perseroan juga berencana menyepakati nota kesepahaman kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Pemkab Pandeglang Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, dan Pemkot Tangsel.

“Kesepakatan kemitraan ini nantinya mengeakselerasi transformasi Bank Banten menjadi BUMD Banten yang berdaya saing tinggi di era digital, terpercaya, dan menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi di Provinsi Banten,” ujar Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin, Kamis (15/7/2021)

Bank Banten mengakselerasi transformasi digital sebagai implementasi manajemen pembalikan kinerja (turnaround management) yang salah satunya melalui rekayasa ulang proses bisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi.

“Bank Banten beradaptasi di masa pandemi Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang menginginkan produk dan jasa keuangan yang relevan, seperti kebutuhan terhadap layanan digital semakin meningkat. Oleh karena itu, perseroan membutuhkan keandalan sistem teknologi informasi untuk mendukung daya saing dan memenuhi kebutuhan nasabah,” tutur Agus.

Agus menyebutkan, Bank Banten pada semester II-2021 memperkuat infrastruktur digital agar dapat segera menjadi bank pembangunan daerah dengan layanan bank digital terbaik untuk memperkokoh ekosistem keuangan daerah, melakukan ekspansi bisnis untuk mencapai pertumbuhan sekitar 60% pada captive market ASN beserta derivasi produknya sekitar Rp 6 triliun, dan selektif memberikan layanan kredit dan derivasinya yang berbasis APBD.

Digitalisasi dan kemitraan yang diperluas itu, kata dia, merupakan beberapa program pengembangan bisnis yang selaras dengan budaya kerja Bank Banten, yakni TRUST (think different, reliable, universe, sustainable, & track). Pada Mei 2021, perseroan mencanangkan budaya kerja terbaru yang bertajuk TRUST itu yang dijadikan panduan berpikir dan bertindak bagi seluruh insan Bank Banten atau yang disebut juga sebagai Banteners.

Ke depan, Agus menjelaskan, Bank Banten berupaya mengembangkan skala bisnis, memberikan nilai tambah kepada para pemangku kepentingan, serta memberikan dampak sosial-ekonomi kepada publik. Salah satu programnya adalah kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) sebagai rangkaian kegiatan HUT Bank Banten kelima. Dalam acara ini, setiap kantor cabang Bank Banten melakukan kegiatan sosial di masing-masing kota di seluruh Indonesia, kemudian mengumpulkan crowdfunding untuk kegiatan tersebut dan mempublikasikan pelaksanaanya

Adapun, filosofi logo HUT Bank Banten yang berupa angka 5 dan tampak seperti sidik jari itu merepresentasikan dimulainya digitalisasi layanan dan produk Bank Banten. Angka 5 dengan guratan warna warni yang melambangkan warna warna ciri khas Banten yang merepresentasikan satu pemerintah provinsi dan delapan pemkab/pemkot yang mendukung kemajuan Bank Banten sehingga bisa turut berperan serta secara maksimal dalam membangun Provinsi Banten.

Pemprov Banten, lanjut Agus, sejak 28 Mei 2021 menetapkan Bank Banten sebagai sebagai bank pengelola rekening kas umum daerah (RKUD) Provinsi Banten. Hal ini merupakan komitmen besar dari Pemprov Banten untuk mendukung perbaikan kinerja Bank Banten.

Kemudian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan Bank Banten sebagai bank sehat. Program transformasi dan pembalikan kinerja Bank Banten ini diiringi dengan upaya perseroan mengerek citra merek (branding awareness) Bank Banten dengan mengadakan lomba rebranding dan jingle lagu Bank Banten. Rencananya, manajemen Bank Banten menyampaikan dimulainya kegiatan ini pada akhir Juli

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN