Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Bidik Kinerja Positif, Gunung Raja Paksi Siapkan 'Capex' US$ 60 Juta

Minggu, 14 Februari 2021 | 09:45 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai US$ 60 juta pada 2021. Angaran tersebut diharapkan membuat perseroan meraup keuntungan bersih.

Direktur Public Relations Gunung Raja Paksi Fedaus mengatakan, anggaran belanja modal ini ditambah sejumlah strategi yang bakal diterapkan diharapkan menjadi katalis positif terhadap kinerja keuangan perseroan sepanjang tahun ini. “Kami akan menerapkan strategi ketersediaan bahan baku untuk memastikan produksi barang jadi bisa lebih cepat,” jelasnya kepada Investor Daily, akhir pekan lalu (12/2).

Perseroan juga menerapkan strategi penambahan rangkaian produk secara massif. Menurut dia, hal ini bertujuan agar perseroan dapat memenuhi permintaan pasar yang beragam. Sedangkan dari segi pemasaran, perseroan akan membangun dan meningkatkan kerjasama dengan para kontraktor swasta baru maupun Badan Usaha Menengah Negara (BUMN).

“Fokus kami tahun ini untuk memenuhi pasar dalam negeri khususnya supply baja untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk mencoba meningkatkan pasar ekspor,” ujarnya.

Guna mendukung strategi tersebut, Gunung Raja Paksi akan menyiapkan anggaran belanja modal sebesar US$ 60 juta. Dana ini berasal dari finansial jangka panjang luar negeri/Export Credit Agency (ECA) dan sisanya bersumber dari kas internal perusahaan

Sebelumnya, manajemen perseroan menyebutkan bahwa anggaran belanja modal tersebut akan digunakan untuk membiayai dua investasi besar yang sedang dikejar perseroan, yakni pengembangan mesin light section mill dan medium section mill.

Direktur Gunung Raja Paksi Budi Raharjo Legowo mengatakan, sejauh ini, pemasangan mesin sudah mencapai 65% dan ditargetkan commissioning pada kuartal II atau kuartal III-2021. “Untuk pengembangan mesin tersebut, perseroan akan bekerja dengan pembuat mesin dari Jerman dengan pemberian fasilitas financing,” kata dia dalam paparan publik.

Hingga kuartal III-2020, Gunung Raja Paksi mencatat peningkatan produksi sebesar 35,73% menjadi 292.555 metrik ton (MT) dari 215.536 MT pada kuartal II-2020. Namun, angka tersebut masih di bawah realisasi kuartal I-2020 mencapai 350.983 MT, produksi pada kuartal I-2020 masih menurun.

“Peningkatan produksi ini diikuti oleh keberhasilan perseroan menekan rugi bersih menjadi US$ 4,15 juta dari US$ 11,74 juta pada kuartal II-2020,” terangnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN