Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE). Foto: Perseroan.

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE). Foto: Perseroan.

BSD Gandeng Grup Mitsubishi dan Temasek Ekspansi Smart City

Minggu, 13 September 2020 | 10:34 WIB
Farid Firdaus (farid.firdaus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id –  PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menjalin kerjasama strategis dengan Mitbana Pte Ltd, yaitu perusahaan patungan Mitsubishi Corp dan Surbana Jurong Pte Ltd. Kerjasama ini bertujuan untuk membangun proyek transit-oriented development (TOD) lahan lebih dari 100 hektar (ha) berkonsep kota pintar di BSD City, Tangerang.

Seperti diketahui, Mitbana didirikan pada Maret 2019 untuk fokus pada proyek perkotaan di Asean dan Asia Selatan. Perusahaan ini mensinergikan pengalaman Mitsubishi dan kemampuan teknis Surbana Jurong. Mitsubishi sendiri dikenal sebagai konglomerasi asal Jepang yang memiliki 10 lini bisnis, salah satunya divisi urban infrastruktur. Kantor perwakilan dan anak-anak usaha perseroan menyebar pada sekitar 90 negara.

Sementara itu, Surbana Jurong adalah perusahaan asal Singapura yang juga fokus sebagai konsultan pengembangan infrastruktur perkotaan. Saham Surbana Jurong dikendalikan sepenuhnya oleh Temasek Holdings.

Wakil Presiden Direktur BSD Michael Widjaja mengatakan, kerja sama dengan Mitbana diharapkan memajukan BSD City menjadi kota pintar yang terintegrasi, terhubung, dan mudah diakses dari berbagai destinasi. Melalui kerja sama ini, Mitbana akan menjadi mitra pengembang terbesar perseroan di BSD City.

“Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya serta proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia,” jelas dia dalam keterangan resmi, Sabtu (12/9).

Michael menjelaskan, kerjasama perseroan dan Mitbana berupa pengembangan terintegrasi berbasis TOD berdasarkan tren urban saat ini, khususnya dengan pertimbangan pascapandemi. Pengalaman dan keahlian dari Mitsubishi Corporation dan Surbana Jurong, membuat Mitbana berharap untuk mengakselerasi pengembangan tersebut dengan dukungan modal dari beberapa pihak ketiga.

Manajemen menilai, infrastruktur yang baik dalam pengembangan proyek ini turut mendukung pemerintah Indonesia mengelola konektivitas yang baik bagi warga Jakarta.

Kolaborasi BSD dengan Mitbana sejalan dengan kolaborasi yang telah terjalin antara Mitsubishi Corp, BSD dan Surbana Jurong sebelumnya. Perseroan bersama Mitsubishi Corp menggarap pengembangan The Zora BSD City yang merupakan hunian eksklusif dengan teknologi smart-home besutan Mitsubishi. Secara terpisah, Surbana Jurong pernah terlibat dengan Sinarmas Land dan Citramas Group dalam proyek kawasan digital di Nongsa, Batam.

Sementara itu, manajeman Sinarmas Land menyatakan, kerjasama ini akan mengubah lebih dari 100 ha lahan greenfield menjadi TOD yang terdiri atas hunian, properti komersial, dan transportasi umum.

Proyek ini dinilai akan memperbesar proyek BSD yang suda ada sebelumnya. Kini, BSD city sudah menjadi rumah bagi Apple Developer Academy, serta laboratorium inovasi dan teknik milik Grab.

Pengumuman kemitraan strategi ini juga dinilai sejalan dengan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), yang dirilis baru-baru ini. Data tersebut menunjukkan Singapura mendominasi investasi di Indonesia selama semester I-2020 dengan total realisasi investasi US$ 3,4 miliar dari 5.348 proyek. Selanjutnya, Jepang adalah investor kedua terbesar di Indonesia dengan realisasi investasi US$ 2,4 miliar dari 3.708 proyek.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN