Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Cikarang Listrindo. Sumber: listrindo.com.

Cikarang Listrindo. Sumber: listrindo.com.

Cikarang Listrindo Tetapkan Dividen Interim US$ 18,43 Juta

Senin, 30 November 2020 | 08:36 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id — PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) berencana membagikan dividen interim tahun buku 2020 senilai US$ 18,43 juta atau setara Rp 261,26 miliar. Aksi korporasi ini telah direstui melalui rapat bersama dewan komisaris dan direksi perseroan pada 25 November 2020.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Senin (30/11), manajemen perseroan mengatakan, cum dividen di pasar reguler dan negosiasi serta pasar tunai akan dilakukan pada 3-7 Desember 2020. Kemudian, ex dividen di pasar reguler dan negosiasi serta pasar tunai dilakukan pada 4-8 Desember 2020.

Sedangkan tanggal pencatatan daftar pemegang saham (DPS) yang berhak atas dividen akan dilakukan pada 7 Desember 2020 dan pembayaran dividen interim akan dilaksanakan pada 18 Desember 2020.

Sebagai informasi, pembagian dividen interim kepada pemegang saham yang berhak akan dilakukan dalam rupiah dengan mengacu pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada tanggal Rapat Bersama Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan 25 November 2020, yaitu US$ 1 = Rp 14,169.

Dengan demikian, jumlah dividen interim yang akan dibayarkan kepada seluruh pemegang saham perseroan sebanyak 16.087.156.000 saham. Sementara itu, besarnya dividen interim per saham akan ditetapkan setelah memperhitungkan jumlah saham yang dibeli kembali oleh perseroan per tanggal Recording Date 7 Desember 2020.

Sebelumnya, perseroan dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk memasuki industri electronic vehicle (EV). Perseroan saat ini tengah melakukan pilot project, di mana internal perseroan tengah menjajaki proses cara kerja dan memaksimalkan pengisian kendaraan listrik.

Direktur Keuangan & Sekretaris Cikarang Listrindo Christanto Pranata mengatakan, aksi tersebut sejalan dengan pelanggan perseroan yang berada di industri terkait dan tengah mengembangkan EV. Industri ini dinilai sangat menarik, dan perseroan tertarik untuk masuk ke industri ini apabila ada kesempatan.

Selain itu, perseroan tengah berupaya meningkatkan nilai kepada stakeholders, salah satunya dengan mengembangkan bisnis. Pihaknya selalu memantau kesempatan yang ada, baik di domestik maupun internasional.

Menurut Christanto, apabila kesempatan tersebut ada dan memungkinkan, ke depan, perseroan tidak hanya di Cikarang saja namun di luar juga. Disisi lain, pertumbuhan perseroan ke depannya dinilai masih sangat baik.

Dari sisi kinerja keuangan, total aset perseroan menurun 1,1% menjadi US$ 1,3 miliar dibandingkan akhir tahun lalu. Hal ini disebabkan oleh penurunan aset tetap perseroan, yang berasal dari penyusutan tahun berjalan dan juga adanya penurunan saldo piutang per 30 September.

Sedangkan penjualan neto hingga kuartal III-2020 terkoreksi 22,3% atau menjadi US$ 341,8 juta, hal ini disebabkan oleh penurunan konsumsi dari PLN dengan berkakhirnya kontrak pertama. Selain itu, penurunan ini disebabkan oleh turunnya konsumsi dari pelanggan kawasan industri yang diakibatkan pandemi Covid-19.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN