Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pekerja melintas di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta.  Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pekerja melintas di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Dipicu Lonjakan Harga, BEI Suspend Saham ERTX, BACA, INPC, BNBA, BMAS, AGRS, BKSW, dan BBHI

Kamis, 4 Maret 2021 | 08:17 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspend) perdagangan saham dan waran delapan emiten mulai sesi I hari ini. Penghentian sementara dipicu lonjakan harga kumulatif dalam beberapa hari terakhir. Mayoritas saham yang disuspensi berasal dari emiten perbankan BUKU II.

Kedelapan emiten tersebut, yaitu saham PT Eratex Djaja Tbk (ERTX), saham dan waran seri III PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA dan BACA-W2), saham dan waran seri I PT Bank Artha Graha Internasional Tbk (INPC dan INPC-W), saham PT Bank Bumi Arta Tbk (BNBA), PT Bank Maspion Indonesia Tbk (BMAS), saham PT Bank IBK Indonesia Tbk (AGRS), saham PT Bank QNB Indonesia Tbk (BKSW), dan PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI).

Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M Panjaitaan dan Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI Irvan Susandy mengatakan, sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan, BEI memutuskan untuk menghentikan sementara perdagangan saham beberapa emiten tersebut.

“Penghentian sementara perdagangan saham emiten tersebut dilakukan di psar reguler dan pasar tunai mulai sesi I pada 4 Maret 2020 hingga dengan pengumuman bursa lebih lanjut,” tulisnya dalam penjelasan resminya.

Berdasarkan data sepanjang tahun ini, saham BMAS telah menguat dari Rp 408 menjadi Rp 630, saham ERTX naik menjadi dari Rp 121 menjadi Rp 266, saham BACA naik dari Rp 378 menjadi Rp 835, dan saham AGRS melonjak dari Rp 196 menjadi Rp 690. Saham BKSW melonjak menjadi Rp 262 dari Rp 108.

Lonjakan tertinggi sepanjang tahun ini dicatat saham INPC naik dari Rp 69 menjadi Rp 320, sehingga suspensi hari ini merupaka suspensi kedua bagi perseroan dalam seminggu terakhir. Saham BBHI telah melonjak dari Rp 396 menjadi Rp 2.410, sehingga suspensi kali ini menjadi yang kedua bagi perseroan dalam satu pekan terakhir. Lonjakan harga saham BBHI dipicu PT Mega Corpora mengakuisi saham bank tersebut.

Begitu juga dengan saham BNBA melonjak dari Rp 388 menjadi Rp 3.320, sehingga suspensi hari ini akan menjadi supsensi ketiga dalam dua pekan terakhir. Lonjakan harga tersebut dipicu kabar yang menyebutkan Sea Group, investor e-commerce Shopee, mengakuisisi saham Bank Bumi.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN