Menu
Sign in
@ Contact
Search
Direktur Utama PT Pelita Samudera Shipping Tbk, Iriawan Ibarat

Direktur Utama PT Pelita Samudera Shipping Tbk, Iriawan Ibarat

Investor Award 2022

Diversifikasi Bisnis Dorong Kinerja Pelita Samudera (PSSI)

Jumat, 29 Juli 2022 | 10:53 WIB
Indah AP (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Gejolak ekonomi global dan dalam negeri dinilai membawa dampak pada bisnis industri perkapalan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bisnis solusi logistik, PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) justru mendapat berkah dari kondisi geopolitik global dimana kenaikan harga komoditas batu bara dan nikel tidak bisa dibendung.

Sebagai catatan, fokus bisnis PSSI yaitu menyediakan solusi logistik dan transportasi laut terintegrasi kepada perusahaan-perusahaan penambang batu bara, mineral, pabrik peleburan, pembangkit listrik dan berbagai industri di Indonesia.

Baca juga: Mitrabahtera (MBSS) Jual Kapal ke Pelita Samudera (PSSI)

Kapal-kapal milik PSSI pun telah malang-melintang ke pasar Internasional untuk melayani pelanggannya. Sebelum booming komoditas, PSSI telah gencar melakukan ekspansi, sehingga bisa optimal memetik momentum.

“Kami tahu bahwa bisnis ini heavy capital intensive, jadi pertama yang dilakukan kita ekspansi bisnis,” kata Direktur Utama Pelita Samudera Shipping, Iriawan Ibarat kepada Majalah Investor, baru-baru ini. Selain ekspansi, strategi lain yang dilakukan perseroan adalah optimalisasi struktur permodalan, peremajaan aset (investasi/divestasi) dan asset light.

Baca juga: Pelita Samudera (PSSI) Divestasi Satu Fasilitas Muatan Apung

Sementara tahun ini, PSSI menganggarkan capex sebesar US$ 12 juta – US$ 15 juta. Capex ini rencananya akan digunakan untuk menggenjot diversifikasi pendapatan usaha melalui sejumlah peremajaan pada aset yang ada.

Selain itu, PSSI belum lama ini mengumumkan akan melakukan divestasi pada salah satu asetnya yakni satu unit fasilitas muatan apung (FLF) Ratu Kumala. Diperkirakan penjualan ini akan menghasilkan sekitar US$10,5 juta ke dalam arus kas perusahaan. Menurut Corporate Secretary PSSI, Mega Vieri nantinya hasil divestasi ini akan digunakan untuk ekspansi bisnis dan investasi.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com