Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Buyung Poetra, Foto: IST

Buyung Poetra, Foto: IST

Dorong Kinerja, Buyung Poetra Siapkan Rencana Bisnis

Rabu, 2 Juni 2021 | 13:54 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) menyiapkan sejumlah rencana bisnis guna mendongkrak kinerja usaha di tengah tantangan masih berlanjutnya pandemi Covid-19 tahun ini.

Direktur Buyung Poetra Sembada Budiman Susilo mengatakan, sejumlah rencana bisnis tersebut, seperti perseroan mulai memasuki wilayah-wialyah baru yang belum digarap. Perseroan juga akan melakukan diversifikasi produk melalui anak usaha baru, yakni PT Hoki Distribusi Niaga yang bergerak di bidang consumer goods.

“Kami yakin anak usaha baru tersebut bisa memberikan kontribusi besar kepada Buyung Poetra Sembada ke depan,” ujar Budiman kepada Investor Daily, di Jakarta, Rabu (2/6).

Perseroan juga akan melanjutkan peningkatan kapasitas produksi dengan melanjutkan pembangunan pabrik baru di wilayah Tugumulyo, Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan tahun ini. Kehadiran pabrik tersebut akan menaikkan kapasitas produksi perseroan menjadi 75 ton per jam pada 2021 menjadi 95 ton per jam pada 2022.

“Kami juga tengah melakukan optimisasi biaya dan peningkatan margin dengan menambahkan mesin pengering dan pecah kulit di Pabrik Subang, Jawa Barat. Mengawali tahun 2021 ini, perseroan juga telah melakukan stock split,” ujar dia.

Sebagaimana diketahui, perseroan sebelumnya telah menggelar pemecahan nilai nominal saham atau stock split dengan rasio 1:4. Aksi korporasi ini diharapkan dapat menarik minat investor ritel, lnataran harganya menjadi lebih terjangkau.

Lebih lanjut, dia mengatakan, perseroan menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 100 miliar tahun ini yang bersumber dari kas internal dan juga pinjaman bank. Capex ini digunakan untuk pembangunan pabrik baru di Sumatra Selatan, penambahan mesin dryer dan pecah kulit, serta sebagai investasi untuk diversifikasi produk baru perseroan.

“Serapan anggaran capex perseroan pada Kuartal III-2020 naik dari Rp 70 miliar menjadi sekitar Rp 90 an miliar, sehingga pada tahun 2021 kami akan menganggarkan capex sekitar Rp 100 miliar,” ujar dia.

Di sisi lain, perseroan pada tahun ini menargetkan pertumbuhan penjualan sekitar 10%-15% apabila kondisi perekonomian membaik. Sementara untuk laba bersih pada tahun ini ditargetkan juga tumbuh sekitar 10-15%.

Perseroan memandang bisnisnya pada tahun ini cukup baik, dimana dengan adanya vaksin diharapkan dapat mendorong kondisi perekonomian Indonesia dan dapat memberikan dampak positif terhadap perseroan. “Pada tahun 2021 ini, kami melihat peluang yang ada melalui strategi-strategi yang akan dijalankan pada tahun ini,” ujar dia.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN