Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge tengah mempersiapkan pembangunan ribuan edge data center yang akan disebar di sepanjang Pulau Jawa

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge tengah mempersiapkan pembangunan ribuan edge data center yang akan disebar di sepanjang Pulau Jawa

Dukung Transformasi Digital, Solusi Sinergi Digital Bangun Ribuan Edge Data Center

Kamis, 1 Juli 2021 | 16:16 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge tengah mempersiapkan pembangunan ribuan edge data center yang akan disebar di sepanjang Pulau Jawa. Ribuan data center ini akan berdiri di sejumlah stasiun kereta api (KA) dan gudang-gudang koperasi unit desa (KUD).

Direktur Pengembangan Bisnis Solusi Sinergi Digital, Martha Rebecca mengatakan, dua lokasi pertama edge data center Surge, yakni stasiun Manggarai dan Stasiun Cikarang akan mulai beroperasional pada bulan Agustus 2021.

“Untuk proses pembangunan 1580 data center, kami menargetkan akan berjalan hingga 2022, dimana sampai akhir tahun 2021 kami menargetkan sebanyak 580 titik yang tersebar di area stasiun kereta api dan juga gudang KUD dapat terselesaikan,” ujar dia kepada Investor Daily, Kamis (1/7).

Menurut Martha, pengembangan edge data center ini semakin melengkapi layanan konektivitas yang dihadirkan sekaligus mendorong perseroan sebagai pengelola tunggal dan eksklusif infrastruktur digital secara end to ende mulai dari data center hingga serat optik.

“Dengan ekosistem digital yang lengkap, Surge terus menjawab kebutuhan dan menciptakan peluang lebih besar bagi pelaku usaha di tengah penetrasi jaringan broadband yang masih rendah,” ujar dia.

Untuk diketahui, pembangunan edge data center ini melanjutkan kerjasama eksklusig yang telah terjalin sebelumnya antara perseroan melalui anak usahanya yakni PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE) dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam pembangunan jaringan fiber optic sepanjang rel kereta.

Kemudian juga kerja sama eksklusif perseroan melalui anak usahanya yakni PT Jaringan Logistik Indonesia (JLI) dengan Induk KUD dalam hal digitalisasi gudang-gudang KUD dengan teknologi Warehouse Management System. “Dengan kerja sama yang saat ini telah terjalin, akan sangat mendukung pembangunan edge data center kami lebih optimal,” ujar dia.

Direktur Pemasaran Solusi Sinergi Digital, Agung Prihambodo menambahkan, pembangunan data center ini merupakan rencana Surge pada tahun 2021 dan sesuai dengan visi misi perseroan untuk meningkatkan kualitas hidup publik dengan transformasi digital.

“Kita ingin mempersiapkan platform konektivitas di masa depan. Data center ini dibangun tidak cuman untuk rekan-rekan UKM atau start-up lokal, karena mengusung solusi preneurship, kita juga ingin menggiatkan seperti developer game lokal dan sejenisnya yang selama ini punya barrier di pusat atau Jakarta,” ujar dia dalam paparan publik.

Sebagai informasi, perseroan telah mempersiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 400 miliar. Sumber ini diperoleh dari pinjaman bank maupun laba ditahan perseroan. Surge berencana menggunakan capex untuk menunjang kinerja perseroan maupun program-program lainnya dalam mendorong transformasi digital, seperti pembangunan data center, fiber optik, maupun pengembangan teknologi berbasis aplikasi bersama para partner.

Kemudian, dalam pembangunan data center, perseroan saat ini masih fokus untuk menjangkau daerah tier 2 dan 3 di pulau jawa. Namun, Surge ingin menjangkau lebih banyak daerah dan wilayah untuk menghadirkan koneksi yang jauh lebih stabil, latency lebih rendah, serta harga yang terjangkau bagi para pelaku UMKM, maupun bisnis di area tier 2 dan 3 di Indonesia. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN