Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aplikasi Flip pada tampilan layar smartphone. ( Foto ilustrasi: Istimewa )

Aplikasi Flip pada tampilan layar smartphone. ( Foto ilustrasi: Istimewa )

Flip Raih Pendanaan Seri B Rp 688,76 miliar

Kamis, 9 Desember 2021 | 11:52 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Flip, platform pembayaran konsumen peroleh pendanaan Seri B senilai US$ 48 juta atau Rp 688,76 miliar dari Sequoia Capital India, Insight Partners, dan Insignia Ventures Partners. Investasi di Flip ini sekaligus menandai investasi pertama kali Insight Partners, ekuitas swasta dan modal ventura global yang berbasis di New York, di Indonesia.

Pendiri dan Direktur Utama Flip Rafi Putra Arriyan meyakini, kemitraan ini akan membantu perusahaan dalam mengejar pertumbuhan dan mewujudkan visi yaitu menghadirkan produk keuangan yang paling adil di Indonesia.

“Pendanaan baru ini merupakan bukti komitmen dan kegigihan tim kami. Hal ini menjadi sumber yang kami butuhkan untuk mendorong dan mempercepat misi kami dalam memberikan solusi inovatif yang memudahkan money movement (pergerakan uang) di Indonesia," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (9/12/2021).

Rafi menambahkan, Flip berencana menggunakan pendanaan ini untuk mempercepat ekspansi bisnis, memperkuat operasional di Indonesia, investasi pada teknologi untuk memberikan kualitas layanan yang lebih tinggi kepada para pelanggan, dan mengembangkan sumber daya manusia dengan fokus pada tim teknik (engineering) dan produk (product).

Saat ini, diakui Rafi, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pemilik rekening bank saat melakukan transfer uang, mulai dari kenyamanan penggunaan produk, biaya admin transfer beda bank, alur transaksi hingga kelancaran dan kecepatan proses transaksi. Masih terdapat ruang untuk memperbaharui dan mempermudah berbagai transaksi keuangan.

"Flip berupaya membantu para individu dan bisnis untuk meminimalkan kerumitan transaksi tersebut dan melakukan transfer uang dengan biaya rendah," tandas dia.

Rafi menambahkan, Flip bertujuan menjadi perusahaan teknologi keuangan yang paling mengutamakan pelanggan (customer-centric) di dunia dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan transaksi keuangan yang adil (fair) dari mana saja kepada siapa saja.

Beberapa produk Flip yang paling dominan di antaranya pembayaran P2P online dengan transfer beda bank ke lebih dari 100 bank domestik, pengiriman uang ke luar negeri (international remittance), isi ulang dompet digital (top-up e-wallet), dan produk-produk solusi bisnis.

Perusahaan saat ini melayani lebih dari tujuh juta pengguna untuk memproses berbagai jenis transaksi keuangan dari dan ke berbagai daerah di Indonesia serta untuk pengiriman uang ke luar negeri.

Selain itu, Flip menghadirkan solusi bisnis bagi ratusan perusahaan dengan berbagai skala industri, termasuk UKM (usaha kecil menengah), melalui layanan pencairan uang dan pengiriman uang seperti penggajian karyawan, pengembalian uang pelanggan, pembayaran faktur atau pemasok, dan transfer internasional.

"Bermitra dengan lebih dari 50 perusahaan fintech dan beberapa unicorn pembayaran pertama distribusi, Sequoia Capital India percaya bahwa Flip adalah perusahaan fintech konsumen paling menarik di Indonesia. Kami sangat senang untuk memimpin bersama putaran ketiga berturut-turut sebagai bukti keyakinan yang tinggi terhadap Flip,” kata VP Sequoia India Aakash Kapoor.

Pendanaan baru ini mengikuti putaran Seri A Flip pada tahun 2020 yang dipimpin oleh Sequoia Capital India dan putaran awal (seed) pada tahun 2019 yang dipimpin bersama oleh Sequoia Capital India dan Insignia Ventures Partners.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN