Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Tiongkok Xi Jinping. ( Foto: Wang Zhao / Reuters )

Presiden Tiongkok Xi Jinping. ( Foto: Wang Zhao / Reuters )

Fokus Pasar: Tiongkok Siapkan Stimulus Teknologi

Selasa, 2 Maret 2021 | 09:40 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — Tiongkok telah menyetujui rencana blue print dalam kebijakan 5 tahun mendatang untuk memotong ketergantungan kepada negara barat dalam mendapatkan komponen penting, seperti chip komputer dan mendorong perkembangan teknologi baru berupa kendaraan hydrogen hingga bioteknologi.

Berdasarkan riset harian Pilarmas Sekuritas, Selasa (2/3), Presiden Tiongkok Xi Jinping disebutkan ingin membuat Negeri Tirai Bambu menjadi lebih besar dalam bidang teknologi. Xi percaya bahwa mimpi dan targetknya akan membuat Amerika berusaha untuk menahan keinginan tersebut.

Dengan sumber daya manusia yang mencukupi dan dana yang tidak terbatas, tentu hal tersebut dapat mendorong Tiongkok mewujudkan mimpinya dalam beberapa tahun mendatang untuk menjadi yang terdepan.

“Keinginan Xi tersebut tentu akan membuat Tiongkok bertransformasi menjadi negara adidaya. Kami melihat aksi tersebut merupakan rencana besar Xi dalam beberapa tahun mendatang dan akan segera dijalankan,” jelas Pilarmas Sekuritas.

Ambisi Xi untuk menjadi yang terdepan dalam perkembangan ekonomi digital dan teknologi akan mendorong Tiongkok menjadi salah satu negara yang lebih maju dalam beberapa tahun mendatang. Saat ini Tiongkok dan Amerika terus berlomba dalam hal pengembangan teknologi mutakhir, dimana perkembangan teknologi tersebut telah mendorong peningkatan standar hidup di seluruh dunia.

Beberapa proyeksi mengatakan bahwa Tiongkok akan tumbuh setinggi 8,3% tahun ini, jauh berbeda dengan Amerika yang mungkin akan tumbuh sebesar 4% tahun ini. Sejauh ini Amerika terus mencoba untuk mencari sekutu agar dapat melawan Tiongkok, dengan berusaha untuk memberikan issue bahwa teknologi Tiongkok digunakan untuk melakukan penyadapan.   

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN