Menu
Sign in
@ Contact
Search
ilustrasi kripto, Sumber: Antara

ilustrasi kripto, Sumber: Antara

Gerak Pasar Reli Kencang di Tengah Sentimen Geopolitik dan Peretasan

Kamis, 4 Agustus 2022 | 09:49 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Pergerakan pasar kripto tiba-tiba berbalik 180 derajat sejak Rabu (3/8/2022) sore lalu hingga Kamis (4/8/2022) ini terus berlari kencang meski naik tipis. Penguatan harga aset kripto ini tampaknya didorong oleh pelemahan dolar AS yang membawa angin segar.

Nilai dolar AS sempat menguat pada Rabu lalu, setelah pejabat The Fed menyatakan kemungkinan pelonggaran kebijakan moneter tahun depan. Kemudian, disusul oleh tensi geopolitik AS dan Tiongkok  kian panas, setelah Ketua DPR AS, Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan.

Baca juga: Kapan Bursa Kripto Dibentuk? Wamendag Menjawab

Namun, Kamis pagi ini investor mulai optimis masuk ke pasar kripto, setelah kekhawatiran mereka atas tensi geopolitik antara Tiongkok, Taiwan, dan AS memudar. Sentimen negatif dari peristiwa peretasan ekosistem Solana dan jaringan jembatan antar blockchain, Nomad belum berdampak pada pasar secara keseluruhan. 

Selain itu, dari analisa teknikalnya saat ini investor tengah melakukan akumulasi, setelah terjadi oversold jenuh melakukan aksi jual dan ambil untung (profit taking) sejak awal pekan lalu. Kemudian, aksi beli juga dilakukan setelah harga Bitcoin kembali menembus level 10-day MA dan 50-day MA.

Investor biasanya mengaitkan tembusnya dua level Moving Average tersebut sebagai sinyal bullish. Namun, masih belum yakin BTC benar-benar mengalami fase reversal, mengingat penguatan harganya tidak dibarengi dengan kenaikan volume trading. Sehingga, ada kemungkinan hanya bertahan sementara.

Baca juga: Pergerakan Aset Kripto Masih Terbebani Selama Agustus, tapi Ada yang Menarik Nih

Analisis gerak harga Bitcoin sekarang ada di rentang harga baru yakni US$ 21.200 hingga US$ 24.400. Level resistensi BTC terdekat berada pada harga US$ 23.459 dan level support-nya di US$ 22.654.

Sementara, analisis gerak harga Ethereum saat ini level support berada pada harga US$ 1.678 dan level support di harga US$ 1.559. Meskipun dalam beberapa hari ini harga ETH mengalami penurunan, tetapi pergerakan harganya masih berada di atas day-20 EMA.

Di sisi lain, khusus untuk token SOL justru mengalami penurunan tipis pada Kamis pagi ini, dampak dari peristiwa peretasan pada jaringan blockchain-nya. Solana dengan cepat didorong kembali setelah harganya mencoba bergerak di atas resistance kunci di US$ 44. Harga sekarang jatuh menuju support kunci di US$ 35.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com