Menu
Sign in
@ Contact
Search
Karyawati berjalan di Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta.  Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Karyawati berjalan di Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

IHSG Bergerak Melemah, Cek Penyebabnya!

Senin, 8 Agustus 2022 | 12:26 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – IHSG ditutup melemah sebesar 0,30% ke level 7.063 pada perdagangan sesi I Senin (8/8/2022). Apa penyebabnya?

Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, pergerakan IHSG sesi I tampaknya terpengaruh dari senitmen ekternal. Dari ekternal, bursa regional Asia cenderung bergerak melemah dimana pasar tampaknya terbebani kondisi sikap pemerintah Tiongkok atas kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi yang melakukan perjalanan solidaritas ke Taiwan.

Baca juga: Baru Melantai, ELPI dan KKES Masuk Jajaran Saham Untung Besar

Sebelumnya, Tiongkok diberitakan sejumlah penembakan rudal konvensional di perairan Taiwan sebagai bagian dari latihan yang direncanakan di enam zona yang akan berlangsung hingga Minggu siang. Sementara sikap AS yang mengatakan bahwa mengatakan bahwa tindakan Tiongkok di sekitar Selat Taiwan adalah provokatif.

“Sehinga pelaku pasar dan investor kuatir ini akan meningkatkan tensi panas hubungan Tiongkok dengan AS, hal ini akan berpotensi meluas di wilayah tersebut sehingga ini akan membuat kondisi ketidaksatbilan keamanan di wilayah laut Tiongkok Selatan dan ini akan berdampak kapal dagang yang melintas sehingga berpotensi menghambat rantai pasokan,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Saham Sektor Teknologi Anjlok, IHSG Tergelincir ke Zona Merah

Sementara dari internal, Pilarmas Investindo Sekuritas menambahkan katalis positif masih di topang dari tumbuhnya ekonomi pada kuartal II-2022 sebesar 5,44% (yoy). Tentunya ini akan mampu memberikan kontribusi pertumbuah ekonomi dikuartal III nanti. Hal ini seiring proses akselerasi pemulihan ekonomi dan daya beli masyarakat yang terjaga serta dukungan aktivitas industry secara perlahan mulai beraktivitas kembali.

“INDY. Kami merekomendasikan buy dengan support dan resistance di level 2.730-2.890. PER: 2,44x dan PBV: 0,78x,” tutup Pilarmas Investindo Sekuritas.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com