Menu
Sign in
@ Contact
Search
Salah satu RS Medikaloka Hermina. Foto: Istimewa

Salah satu RS Medikaloka Hermina. Foto: Istimewa

Jaga Keberlanjutan Usaha, HEAL Siapkan 4 Rumah Sakit Baru

Sabtu, 30 Juli 2022 | 18:38 WIB
Indah AP (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Medikaloka Hermina Tbk, emiten penyedia jasa kesehatan menyiapkan strategi ekspansif, demi menjaga keberlangsungan usaha sekaligus menjaga potensi bisnis pengelolaan rumah sakit tetap bisa dirangkum oleh perseroan. Disampaikan Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategik PT Medikaloka Hermina Tbk, Aristo Setiawidjaja potensi bisnis rumah sakit di Indonesia mencapai angka US$ 20 miliar. Sayangnya sebanyak US$ 12 miliar potensi itu mengalir ke rumah sakit luar negeri.

Untuk memaksimalkan potensi bisnis tadi, kata Aristo, pelaku bisnis rumah sakit di Indonesia harus melakukan ekspansi, fasilitas treatment- treatment seperti kanker, penyakit jantung dan ortopedi. “Karena dengan dilakukan di Indonesia maka ini bisa jadi potensi penambahan cadangan devisa sekaligus meningkatkan GDP growth di Indonesia,” ujarnya dalam kesempatan audiensi dengan tim Juri Investor Awards 2022 beberapa waktu lalu.

Untuk itu perseroan tengah bersiap menambah jaringan rumah sakit baru. Emiten berkode bursa HEAL tersebut, kata Aristo, berencana membangun 3-4 rumah sakit baru di Aceh, Tasikmalaya dan Ciawi. Aristo mengatakan rumah sakit baru di Tasikmalaya akan dibuka pada semester kedua 2022.

Saat ini bed occupancy rate (BOR ) sudah mencapai 60% dan target bisa mencapai 70% pada akhir tahun. Selain itu, HEAL juga akan menggandeng rumah sakit asal India untuk memberikan pelatihan dan pengembangan dokter.

Untuk mendukung rencana ekspansi tersebut, Perseroan mengalokasikan belanja modal (capex) sebesar Rp 1 triliun di tahun 2022, yang dananya akan dialokasikan bagi pengoperasian empat rumah sakit baru, menambah 600 tempat tidur termasuk di rumah sakit eksisting dan mendirikan dua Centre of Excellence (CoE) di Depok, serta fasilitas Urologi/Gastrologi di Jatinegara pada kuartal IV-2022. “Hingga kuartal I-2022, penggunaan capex tadi mencapai angka Rp 300 miliar,” kata Aristo.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com